PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Kurikulum 2013 menganut pandangan dasar bahwa pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari guru ke peserta didik. Peserta didik adalah subjek yang memiliki kesempatan untuk secara aktif mencari, mengolah, mengonstruksi, dan menggunakan pengetahuan. Untuk itu pembelajaran harus berkenaan dengan kesempatan yang diberikan kepada peserta didik perlu didorong untuk bekerja memecahkan masalah, menemukan segala sesuatu untuk dirinya, dan berupaya keras mewujudkan ide-idenya.
Guru memberikan kemudahan untuk proses ini, dengan mengembangkan suasana belajar yang memberi kesempatan peserta didik untuk menemukan, menerapkan ide-ide mereka sendiri, menjadi dasar dan secara sadar menggunakan strategi mereka sendiri untuk belajar. Guru mengembangkan kesempatan belajar kepada peserta didik untuk meniti anak tangga yang membawa peserta didik kepemahaman yang lebih tinggi, yang semula ditentukan dengan bantuan guru tetapi semakin lama semakin mandiri. Bagi peserta didik pembelajaran harus bergeser dari “diberi tahu†menjadi aktif mencari tahu.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anonimous. 2013. Bahan TOT Kurikulum 2013. Universitas Terbuka. Jakarta. Biggs and Ross Telfer. 1987. The process learning.
Anonimous. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2014. Kemendikbud.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2014 Panduan Kurikulum KBK. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan. Rosdakarya. Bandung.
Muslimin, Ibrahim dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. UNESA
Nanang Hanifah dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. PT. Refika Aditama. Bandung.
Ngainun Naim. 2009. Menjadi Guru Inspiratif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2013 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah
Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar Cet. 2. Jakarta : Bumi Aksara.
Irianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Cet.4 Jakarta: Prenada Media Group.
Wina Sanjaya. 2005. Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Prenada.
Wina Sanjaya. 2006. Srategi pembelajaran Berorientasi pada Standar Proses Pendidikan. Prenada Media. Jakarta.
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.590
Article Metrics
Abstract view : 1081 timesPDF - 1089 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
Â
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com