MENGATASI STRES AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGUATAN SELF ESTEEM PESERTA DIDIK
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Sebagian besar peserta didik dalam menjalani kegiatan pembelajaran matematika di sekolah, seringkali merasakan stres. Stres yang dialami peserta didik cenderung disebabkan oleh perasaan tidak mampu yang dimiliki peserta didik itu sendiri dalam menghadapi berbagai situasi, kejadian dan tantangan yang ada selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung. kondisi tersebut membuat peserta didik merasa tidak nyaman dalam menerima materi ajar. Pencapaian tujuan pembelajaran tidak dapat mencapai hasil maksimal, jika pendidik memaksakan pada situasi tersebut. hal yang perlu diperhatika oleh pendidik yakni kemampuan peserta didik untuk membangun dan mempertahankan kondisi fisik maupun psikis selama pembelajaran matematika berlangsung. Berdasarkan konsekuensi tersebut, self esteem yang tinggi dalam diri peserta didik dapat menghilangkan atau mengurangi stres yang dirasakan peserta didik akibat berbagai tekanan yang dialami peserta didik berkaitan dengan pembelajaran matematika di sekolah.Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Awlawi, Addahri Hafidz. 2013. Teknik Bermain Peran Pada Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Esteem. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2
Branden, Nathaniel. 2005. Kekuatan Harga Diri. Batam: Interaksara
Busari. 2012. Identifying Difference in Perceptions of Academic Stress and Reaction to Stressors Based on Gender among First Year University Students. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 2
Clemes, H, dkk. 1995. Bagaimana Meningkatkan Harga Diri Remaja. Jakarta: Binarupa Aksara
Chomaria, Nurul. 2009. Tips Jitu dan Praktis Mengusir Stress. Jogjakarta: DIVA Press
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Lubis, N. L. 2009. Depresi: Tinjauan Psikologi. Jakarta: Kencana
Mumpuni, Yekti dan Ari Wulandari. 2010. Cara Jitu Mengatasi Stres. Yogyakarta: Andi
Powell, Jillian. 2004. Self Eseem. London: Franklin Watts
Rasmun. 2004. Stres, Koping dan Adaptasi. Jakarta: Sagung Seto
Santrock, John W. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
Santrock , John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Tracy, Brian. 2007. Change Your Thinking, Change Your Life: Bebaskan Potensi Dahsyat Anda Untuk Kesuksesan Yang Tak Terbatas. Bandung: Kaifa
Wilks, Scott E. 2008. Resilience amid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support among Social Work Students. Advances in Social Work. Vol.9
Wheeler, Claire Michaels. 2007. 10 Simple Solutions To Stress. Oakland: New Harbinger
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.343
Article Metrics
Abstract view : 718 timesPDF - 1590 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com