PENGARUH SIKAP GURU TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER (PEDULI SOSIAL) SISWA DI MI MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON

Akhmad Busyaeri(1*), Mumuh Muharom(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Sikap merupakan sesuatu yang dipelajari dan sikap menentukan bagaimana individu bereaksi terhadap situasi serta menentukan apa yang dicari individu dalam kehidupannya. Sikap mengandung tiga komponen, yaitu komponen kognitif, komponen afektif dan tingkah laku. Sikap selalu berkenaan dengan suatu objek dan sikap terhadap objek ini disertai dengan perasaan positif dan negatif. Sikap dari seorang guru adalah salah satu faktor yang menentukan bagi perkembangan jiwa anak didik selanjutnya. Karena sikap seorang guru tidak hanya dilihat dalam waktu mengajar saja, tetapi juga dilihat tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari oleh anak didiknya.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, untuk pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik penyebaran angket dan studi dokumentasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara populasi sampel dan dipilih kelas V yang berjumlah 24 siswa. yang dijadikan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V. Dan untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows.

Pengaruh sikap guru di MI Madinatunajah kota Cirebon berada dalam kategori sedang. Hal ini dapat diketahui bahwa hasil angket pengaruh sikap guru sebesar 42,08 berada pada interval 36-55 (sedang), Dan pengembangan karaktr (peduli social) kelas V di MI Madinataunnajah  mencapai 43,42 sedangkan median (nilai tengahnya) adalah 44,00, serta modus (nilai yang sering muncul) juga diperoleh dengan nilai 44. Dari hasil analisis menunjukan Koefisien Korelasi sebesar 0,511 dan Koefisien Determinasi sebesar 26,11 %. Dan nilai thitung  sebesar 2,787. Karena thitung > ttabel yakni 2,787 > 1,717. Maka hipotesis diterima.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta

Aqib, Zainal. 2015. Pendidikan Karakter di Sekolah Membangun Karakter dan Kepribadian Anak. Bandung: Ryama Widya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta:Bumi Aksara

Arismantoro. 2008. Tinjauan Berbagai Aspek Character Building. Yogyakarta: Tiara Wacana

Chatib, Munif. 2009. Sekolahnya Manusia. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Depdiknas. 2010. Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter. Jakarta.

Dirganuarsa Singgih. 2008. Pengantar Psikologi. Jakarta: Mutiara

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasi. Jakarta: Rineka Cipta

E. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Hasan, Said Hamid, dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Puskur Balitbang Kemendiknas

Ine Kusuma Aryani, dkk. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta : Gaung Persada Press Jakarta.

Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lickona, Thomas. Ed.3. cet. 3. 2013. Educating for Caracter (Mendidik untuk Membentuk Karakter). Terj. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta : Bumi Aksara

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Manfaat, Budi. 2013. Pengantar Metode Statistika. Cirebon: Eduvision publishing.

Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional (menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, H.E. Prof. Dr., 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mursidin. 2011. Moral Sumber Pendidikan (Sebuah Formula Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah/Madrasah). Bogor: Galia Indonesia

S. Nasution. 2010. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Salahudin, Anas, dkk. 2013. Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasisi Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: Pustaka Setia

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter (wawasan, strategi, dan langkah praktis). Jakarta : Erlangga

Sholeh , Ni’am, Ashrorun. 2006. Reorientasi Pendidikan Islam Mengurai Relevansi Konsep Al-Ghazali dalam Konteks Kekinian. Jakarta: elSAS

Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak (Peran Moral Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri). Jakarta : PT Bumi Aksara

Sugiyono, Prof. Dr. 2012. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian(Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan), Bandung: Refika Aditama

Suyanto, dkk. 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Erlangga

Wiyani, Ardy, Novan. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasinya di Sekolah). Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan) cetakan 3. Jakarta : Kencana.

Zulkifli, L. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.177

Article Metrics

Abstract view : 1157 times
PDF - 3322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AL IBTIDA Journal Indexed By:

      

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats