PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NUR KOTA CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Media merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi kegiatan pembelajaran. Media yang tepat akan menunjang kegiatan belajar-mengajar yang yang berlangsung di kelas. Media adalah perantara/ penghubung antara guru dengan murid. Gambar dapat dipergunakan sebagai media pendidikan dan mempunyai nilai-nilai pendidikan bagi peserta didik yang memungkinkan belajar secara efisien peserta didik yang berkaitan dengan pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran IPA di MI. Namun kenyataannya terkadang guru belum mampu menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Prestasi belajar merupakan ukuran tingkat keberhasilan seseorang dalam mempelajari sesuatu. Presetasi belajar seorang dapat dilihat berdasarkan skor yang diperolehnya dalam menyelesaikan soal-soal ujian terkait dengan bahan yang sedang dipelajarinya. Setiap pembelajaran tentunya mengharapkan hasil belajar yang maksimal, namun pada kenyataanya masih terdapat siswa yang memperoleh nilai IPA dibawah KKM.
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA di kelas I MI An-Nur Kota Cirebon, meningkatkan prestasi hasil belajar IPA di kelas I dan pengaruh media gambar sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas I MI An-Nur Kota Cirebon.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan teknik pengumpulan data berupa observasi, soal tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa MI An-Nur Kota Cirebon sebanyak 375 siswa dan menggunakan Cluster sample yaitu kelas I.1 sebanyak 23 siswa.
Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2010. Dari hasil pengolahan data tersebut didapat kesimpulan bahwa Berdasarkan hasil keseluruhan dari mulai pra siklus, siklus I sampai siklus II, hasil belajar yang diperoleh siswa kelas I dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan hasil belajar setiap siklusnya. Pada pra siklus diperoleh rata-rata 60,04, siklus I diperoleh rata-rata 72,17. Nilai tersebut mengalami peningkatan 12,13%, siklus II diperoleh nilai rata-rata 86,52 nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar 14,35Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : PT Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rhineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajawali Pers
Gintings, Abdurrakhman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Humaniora
Helmiati. 2013. Micro Teaching (Melatih Keterampilan Dasar Mengajar). Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Khairani, Makmum. 2014. Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Khalifah, Mahmud dkk. 2015. Menjadi Guru yang Dirindu. Surakarta : Ziyad
Ma’mur, Jamal. 2014. Tips Membangun Komunitas Belajar di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.
Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran(Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada
Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara
Ruswandi Uus, dkk. 2008. Landasan Pendidikan. Bandung : Insan Mandiri
Salahudin, Anas. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Pustaka Setia
Silberman, Mel. 2013. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nuansa Cendekia
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2009. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sudjiono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sulaeman, Momon. 2004. Lebih Dekat dengan Alam (Sains untuk SD/MI kelas I jilid I). Jakarta Pusat : PT. Setia Purnama Inves
Sulistyanto, Heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan , Departemen Pendidikan
Syaodih, Nana. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal hal 3. Jakarta : Cemerlang.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal hal 3. Jakarta : Cemerlang.
Wahidin. 2006. Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung : Sangga Buana
Wisudawati, Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.128
Article Metrics
Abstract view : 835 timesPDF - 3439 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
Â
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com