Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang)
(1) Bung Hatta University
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan bahwa 19 siswa dari 32 siswa (59%)  siswa belum memiliki keterampilan bermain bola voli mini yang baik. Masalah tersebut kemungkinan terjadi karena kurang tepatnya metode latihan yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh metode drill dan metode bermain terhadap keterampilan bermain bola voli mini siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi-exsperiment. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli mini yang berjumlah 64 siswa, sedangkan sampel diambil dengan purposive sampling sehingga sampel yang digunakan berjumlah 35 orang. Tes yang digunakan adalah tes keterampilan bermain bola voli mini yang terdiri dari tes servis, passing bawah dan passing atas. Data dianalisis dengan menggunakan uji – t. Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) metode drill memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan bermain bola voli mini siswa (thitung = 19,23 > ttabel = 2,13). Nilai rata-rata tes awal metode drill diperoleh 50,00 dan tes akhir 78,92. Artinya terdapat peningkatan sebesar 28,92. (2) metode bermain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan bermain bola voli mini siswa (thitung = 13,01 > ttabel = 2,13). Nilai rata-rata tes awal metode bermain diperoleh 50,00 dan tes akhir 63,65. Artinya terdapat peningkatan sebesar 13,65. (3) terdapat perbedaan antara metode drill dan metode bermain terhadap keterampilan bermain bola voli mini siswa (thitung = 7,02 > ttabel = 2,13). Nilai rata-rata tes akhir metode drill adalah 78,92 dan metode bermain 63,65. Artinya terdapat perbedaan sebesar 15,27.
Kata kunci: Â metode drill, metode bermain, keterampilan bermain bola voli mini
Abstract
The field observations conducted by the writer reveal that 19 out of 32 students (59%) elementary students have less skill in playing mini volley ball. This problem might be because of using inappropriate training method. This research aimed at uttering the effect of drill method and play method on skills of playing mini volleyball for students at elementary school 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. The type of this research is quasi experiment. The population was 64 students who attended extracurricular in mini volley ball program. Samples were drawn with purposive sampling technique, eventually, this study had 35 samples. The data were analysed by t-test score of mini volleyball skills, which consists of test of service, forearm pass dan overhead pass. Analysed of data using by t-test. The result of the data analysis showed that (1) drill method significantly affected on skills of playing mini volleyball for students (tscore = 19,23 > ttable = 2,13). The mean of pre test of drill method is 50,00 and post test 78,92. It means there is a significant improvement 28,92. (2) play method significantly affected on skills of playing mini volleyball for students (tscore = 13,01 > ttable = 2,13). The mean of pre test of play method is 50,00 and post test 63,65. It means there is a significant improvement 13,65 (3) there was a different effect between drill method and play method on skills of playing mini volleyball for students at elementary school 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang (tscore = 7,02 > ttable = 2,13). The mean of post test of drill method is 78,92 and play method is 63,65. It means there is a difference 15,27.Keyword: drill method, play method, skills of playing mini volley ball
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aini, Nurul. 2013. Penerapan Metode Drill dalam Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII A MTS Negeri Pundong Bantul. Tesis Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Akmal. 2010. Pengaruh Metode Elementer dan Modifikasi Permainan Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola (Studi Eksperimen pada Siswa SSB Cendana Pekanbaru). Tesis. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
Arsil. 2006. Perbedaan Pengaruh Latihan Teknik Elementer dan Modifikasi Permainan Terhadap Keterampilan bermain Sepakbola. (Studi Eksperimen pada Siswa SSB UNP). Tesis. Padang: Program Pascasarjana UNP.
Arwandi, Jhon. 2012. Ilmu Melatih. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP.
Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Jakarta: Depdiknas.
Erianti. 2009. Pendidikan Jasmani Adaptif. Malang: Wineka Media.
----------. 2011. Bola voli. Padang: Sukabina Press.
Hutasuhut, Chaeruddin. 1985. Teori Pengajaran Olahraga Sekolah. Padang: FPOK IKIP.
Isparjadi. 1988. Statistik Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, Dikti: P2LPTK.
Lutan, Rusli. 1991. Manusia dan Olahraga. Bandung: ITB dan FPOK/IKIP Bandung.
Margiyani. 2008. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 4 SD/MI. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmalia, Apriyanti 2009. Pengaruh Metode Latihan dan Tingkat Intelegensi Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola Atlet Sekolah Sepakbola PSTS Tabing. Tesis. Padang: Program Pascasarjana UNP.
Sunarno, Agung, dkk. 2011. Metode Penelitian Keolahragaan. Surakarta: Yuma Pustaka.
Syafruddin. 2011. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang: UNP Press.
Viera, Barbara L. dkk. 1996. Bola voli Tingkat Pemula. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Winarno. 2004. Evaluasi Dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Center For Human Capacity Development.
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276
Article Metrics
Abstract view : 1700 timesPDF - 159 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
Â
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com