PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA di MTs.SALAFIYAH KOTA CIREBON

mohamad hamzah(1*), nur komariah mahmudah(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract



Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian aktivitas guru dan siswa.
Keaktivan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan siswa
ataupun dengan siswa itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan suasana kelas menjadi segar dan kondusif,
dimana masing - masing siswa dapat melibatkan kemampuannya semaksimal mungkin. Penelitian ini dilakukan
karena pentingnya aktivitas belajar itu sendiri dalam pembelajaran. Aktivitas belajar siswa selama mengikuti
pembelajaran, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, penguasaan materi serta prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika, tingkat
pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal dan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh aktivitas belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII MTs Salafiyah Kota
Cirebon.
Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar merupakan segala aktivitas yang bersifat fisik
maupun mental. Ketika siswa dapat menyeimbangkan kedua aktivitas ini dalam pembelajarannya maka siswa
itu akan mendapatkan hasil belajar yang optimal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode
penelitiannya menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data populasi yakni
seluruh kelas VII MTs Salafiyah kota Cirebon. Variabel penelitiannya berupa aktivitas belajar dan pemahaman
konsep matematika siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Setelah
data diperoleh, kemudian dilakukan analisis data.berupa uji validitas, reliabilitas, daya beda dan indeks
kesukaran dengan menggunakan software ANATES. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat, uji korelasi, uji
kelinieran regresi, koefesien determinan serta uji hipotesis dengan menggunakan PASW 18.
Dari hasil penelitian yang diperoleh dari lembar observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar tergolong
sedang dengan skor rata-rata 64.55 dan hasil tes pemahaman konsep matematika siswa juga tergolong sedang
dengan skor rata-rata 65,925. Hasil penelitian jga menunjukkan bahwa aktivitas belajar berpengaruh positif
terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini ditunjukan dengan analisis regresi, sehingga diperoleh
persamaan regresi
=2.536+0.982 . Nilai koefisien korelasinya adalah 0,924 yang menunjukkan tingkat
korelasi yang tinggi. Dan untuk koeffisien determinasinya adalah 85.4% yang berarti bahwa pengaruh aktivitas
belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa sebesar 85.4%, sedangkan sisanya 14,6% dipengaruhi
oleh faktor lain selain aktivitas belajar.

Kata Kunci : Keaktifan, Interaksi

 


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka

Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi

Aksara

_______. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aripin, Ipin. 2008. Modul Pelatihan Analisis Data dengan Excel dan SPSS.

www.4shared.com

Aqib, Zaenal. 2002. Profesional Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikiawan

Chaniago, Amran YS. 2002.Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara

_______. 2004. Perencanaan Pengjaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi

Aksara

Hasan, Iqbal. 2009. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

http://muhfida.com/pemahaman-konsep/ (didownload pada bulan Agustus 2011)

Muhidin, Samdas Ali. 2007. Analisi Korelasi, Regresi dan Jalur dalam penelitian. Bandung:

Pustaka Setia

Mujiyanto. 2007. Penggunaan Media Pendidikan pada Pengajaran Matematika di Sekolah

Menengah. (diakses dari internet: http://one.indoskripsi.com/node/797,) (didownload

pada bulan Agustus 2011)

Poerwadaminta. 1984. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Riduwan. 2007. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika Untuk Penelitian (Administrasi

Pendidikan - Bisnis - Pemerintahan - Sosial – Hukum - Manajemen - Kesehatan).

Bandung: AlfaBeta

______. 2008. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.

Bandung: AlfaBeta

Ruseffendi. 1991. Pengajaran Matematika CBSA “Pengantar Kepada membantu Guru

mengembangkan Kompetensunya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan

CBSA” (edisi II). Bandung: Tarsito

Sadiman, Arif Sukadi. 1946. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta:

Mediyatama Sarana Perkasa

Sagala, Syaiful. 2000. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar “Pedoman Guru dan Calon Guru”.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Subana, dkk. 2005. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Sudijoyo, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suherman, Eman. 1993. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

________. 2003. (edisi revisi)

Sukirman, dkk. 2001. Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran Matematika. Pusat

Penerbit Universitas Terbuka.

Supranto, J. 2008. Statistik Teori dan Aplikasi (Jilid 7). Jakarta: Erlangga

Suryabrata, Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Syaodih, Nana, dkk. 2004. Landasan Psikologi dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani

Quraisy

Yamin, Martinis. 2004. Kegiatan Membelajarkan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Yulius, Oscar. 2010. IT Kreatif SPSS 18; Smarter & Faster mengerjakan Statistika.

Yogyakarta: Panser Pustaka




DOI: 10.24235/eduma.v1i2.293

Article Metrics

Abstract view : 752 times
PDF - 928 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats