EFEKTIVITAS BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN WORK BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 5 CIREBON

ika susanti(1), Reza Oktiana Akbar(2*), toto syatori nasehuddien(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan khususnya dalam bidang matematika kini sedang mengalami permasalahan yaitu pembelajaran matematika masih menggunakan metode pembelajaran ekspositori yang membuat siswa merasa jenuh sehingga hasilnya tidak maksimal. Sedangkan dalam belajar diperlukan inovasi, salah duanya adalah penggunaan metode pembelajaran, seperti metode Project Based Learning dan metode Work Based Learning.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas berpikir kreatif matematika siswa antara yang menggunakan metode Project Based learning dengan yang menggunakan metode Work Based Learning pada pokok bahasan geometri di kelas X SMA Negeri 5 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, populasi yang diteliti adalah semua kelas X di SMA Negeri 5 Cirebon tahun ajaran 2014/2015, sampel yang diambil adalah kelas X7 dan X8 dengan menggunakan teknik cluster  random  sampling.  Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  berdasarkan  hasil independent-sample t test yaitu diperoleh nilai sebesar 0,410 dan nilai signifikansi sebesar 0,683 maka diperoleh sebesar 1,998 dengan demikian maka (0,410 <  1,998). Dengan taraf signifikansi  =  0,05 sedangkan nilai signifikans yang diperoleh adalah 0,683 maka nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi yaitu 0,683 >   0,05. Ini berarti  diterima. Hal ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan berpikir kreatif matematika siswa antara yang menggunakan metode Project Based Learning dengan yang menggunakan metode Work Based Learning, yang berarti bahwa penggunaan kedua metode tersebut efektif dalam segi kuantitas dan waktu, tetapi dalam segi kualitas metode Project Based Learning memberikan efek yang lebih baik, hal ini bisa dilihat dari pencapaian nilai yang memenuhi KKM sebesar 78,06 %.

Kata kunci: berpikir kreatif, metode Project Based learning, metode Work Based

Learning

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan

& Model pembelajaran dalam Kurikulum 2013.

Jakarta: Rineka Cipta

Anwar, Idochi. 2010. Dasar – Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2010.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Emzir. 2010. Metodologi

Penelitian Kualitatif dan

Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hariawan, Adang, dkk. 2012.

Metodologi Pembelajaran

Kajian Teori Praktis. Serang-Banten: LP3G

Munandar, utami. 2004.

Pengembangan Kreativitas Anank Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Rachmawati, Yeni, dkk. 2011.

Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak – Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media

Rahmat, Jalaluddin. 2009.

Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Surapranata. 2004. Analisis

Validitas, Reliabilitas, dan

Interpretasi Hasil Tes

Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual

Operasional. Jakarta: Bumi

Aksara

Wirodikromo, Sartono. 2007.

Matematika Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga

Supardi . 2012. Peran Berpikir

Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif. Universitas Indraprasta PGRI

Susriyati, dkk, 2009. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Ekosistem Terhadap Sikap dan hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Malang.

Jurnal Pendidikan Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang

Noer, Sri Hastuti. 2011.

Kemampuan Berpikir

Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open- Ended. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Lampung

Almes Gangga, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan. Universitas

Negeri Padang

Sutirman. 2013. Media & Model- Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Graha Ilmu




DOI: 10.24235/eduma.v4i2.27

Article Metrics

Abstract view : 583 times
PDF - 453 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats