PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Negeri Luragung Kuningan)

Arif Muchyidin(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Melalui studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di MTs Negeri Luragung-Kuningan diperoleh kesimpulan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru belum optimal untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa karena pembelajaran masih terpusat pada guru. Sedangkan kemampuan penalaran matematika memerlukan pembelajaran yang mampu mengakomodasi proses berpikir, bernalar, sikap kritis siswa dan bertanya. Oleh karena itu, guru harus menentukan strategi pembelajaran yang tepat sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan penalaran matematikanya. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran generatif.
Strategi pembelajaran generatif besar kemungkinannya dapat mempengaruhi kemampuan penalaran matematika siswa. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran ini siswa tidak lagi jadi pendengar, siswa dituntut untuk aktif mengintegrasikan pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya.
Key words : Pembelajaran Generatif, Strategi Pembelajaran, Penalaran Matematika


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1997. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Aima, Zulfitri. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Tanjung Emas Kabupaten

Tanah Datar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Padang: STKIP PGRI Padang, Sumatera Barat. Tersedia online : admathedu.uad.ac.id/wp/?p=87 diunduh pada tanggal :23 februari 2013 pada pukul 22.17 WIB

Arikunto , Suharsimi. 2006. Prosedur Suatu Penelitian Praktek..Jakarta: Rineka Cipta.

Chaniago, Amran YS.2002. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Ekawati, Estina dan Sumaryanta. 2011. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/SMP. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika. Ebook.

Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar (Membantu Guru dalam Perencanaan, Pengajaran, Penilaian Prilaku, dan Memberikan Kemudahan kepada Siswa dalam Belajar). Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Hamalik,Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar.Bandung: Bumi Aksara.

Helma dan Yerizon. 2011. Peningkatan Pemahaman Dan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Dengan Konstruksi Mental Apos. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. Padang: Universitas Negeri Padang.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Maran, Rafael Raga.Pengantar Logika. 2007. Jakarta : Grasindo. E-Book.

Margono, S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Marhijanto, Bambang. 1999. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini. Surabaya: Terbit terang.

Munawaroh, Mumun. 2003. Fungsi Ibu Dalam Keluarga (Studi Komparasi antara Ibu yang Berperan Tunggal dan Ibu yang Berperan Ganda di Kel. Kecapi Kec. Harjamukti Kota Cirebon). Tesis. Tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Padjadjaran Bandung

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2007. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran (sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas). Kencana Prenada Media Grup.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sarwono, Jonathan. 2006. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soekadijo, RG. 1985. Logika Dasar Tradisional Simbolik dan Induktif. Jakarta: PT Gramedia.

Sudjana. 1997. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudjana. 2001. Tekhnik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suherman, Erman dan Yaya Sukjaya. 1990. Petunjuk Praktis Untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (Konsep, landasan teoritis, teoritis praktis). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wati, Widya. 2010. Makalah Strategi Pembelajaran Teori Belajar dan Pembelajaran. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

Wina, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/eduma.v3i1.10

Article Metrics

Abstract view : 736 times
PDF - 410 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Arif Muchyidin

Creative Commons License

EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats