Strengthening Religious Moderation Through Education
Abstract
Moderasi beragama adalah hasil dari sikap, tindakan, dan pandangan yang mengikuti jalan tengah dan berusaha mencapai keseimbangan. Upaya untuk menolak ekstremisme maupun liberalisme dianggap penting dalam rangka menjaga stabilitas dalam beragama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data yang berasal dari studi pustaka. Penelitian ini mengkaji mengenai peran dunia pendidikan dalam upaya pemantapan moderasi beragama. Hasil penelitian ini menunjukkan pendidikan memiliki peran penting bagi penciptaan karakter manusia. Semakin baik pendidikan yang dimiliki seseorang maka kebijaksanaan yang dimiliki dapat semakin terbentuk. Pendidikan yang baik dalam perkara dunia dan agama perlu ditempuh untuk memiliki sikap yang moderat. Pendidikan merupakan instrumen penting dalam mempromosikan toleransi, harmoni, dan pemahaman yang lebih baik. Kehidupan yang moderat adalah pilihan terbaik yang dapat mendatangkan kemaslahatan bagi diri sendiri dan bagi banyak pihak.
References
Akhmadi, Agus. “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia’S Diversity.†Jurnal Diklat Keagamaan 13, no. 2 (2019): 45–55.
Dawing, Darlis. “Mengusung Moderasi Islam Di Tengah Masyarakat Multikultural.†Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin Dan Filsafat 13, no. 2 (2017): 225–255.
Hafizd, Jefik Zulfikar. “The Importance of Religious Moderation-Based Islamic Economic Education to the Community for the Realization of Economic Justice in Indonesia.†Jurnal Studi Sosial Keagamaan Syekh Nurjati 2, no. 1 (2022): 86–106.
Hafsah, UMSU. “Implementasi Riset Based Learning Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran.†Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 8 (2017).
Hasan, Mustaqim. “Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa.†Jurnal Mubtadiin 7, no. 2 (2021): 111–123.
KBBI. “KBBI Daring.†Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. Last modified 2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
Riduwan, Akhmad. “Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi.†Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) 3, no. 2 (2016): 95.
Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2009.
Siregar, Hariman Surya, and Hamdan Sugilar. “Strategi Pengembangan Pembelajaran Berbasis Riset Jurusan Pendidikan Agama Islam.†Jurnal Perspektif 2, no. 1 (2018): 17–32.
Slameto, Slameto. “Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran Yang Inspiratif.†Satya Widya 31, no. 2 (2015): 102–112.
Tim Penyusun Kementerian Agama RI. Moderasi Beragama. Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.