PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI MADRASAH (Potret dari MAN Model Babakan Ciwaringin Cirebon)

A Syatori(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berupaya mengkaji dan menganalisis implementasi atau penerapan konsep pendidikan multikulural dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Babakan Ciwaringin Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data memakai teknik wawancara mendalam, studi dokumen, dan studi pustaka. Metode pengumpulan data juga dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan menyebarkan angket/kuesioner. Metode ini dilakukan terutama untuk mengumpulkan data kuantitatif yang berfungsi untuk mengetahui gambaran awal sekaligus mengukur tingkat pemahaman dan sikap responden tentang ide-ide multikulturalisme. Penelitian ini mengambil setting studi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Subyek penelitian ini terdiri dari empat unsur. Pertama, pengelola madrasah MAN Model Babakan Ciwaringin Cirebon yang terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan dan ketua BP/BK. Kedua, komite madrasah. Ketiga, dewan guru yang terdiri dari guru bidang studi dan pembina organisasi siswa. Keempat, siswa-siswi yang dipilih berdasarkan kategori aktifis dan non-aktifis dalam organisasi siswa. Point penting dari temuan lapangan penelitian ini adalah bahwa secara umum pemahaman dan sikap civitas akademika MAN Model Babakan Ciwaringin Cirebon, baik terhadap ide-ide multikulturalisme maupun pendidikan multikultural, boleh dikata sudah cukup memadai. Hal ini terutama karena faktor keberadaan pondok pesantren Babakan Ciwaringin yang memiliki akar kesejarahan dan kultural yang kuat dengan madrasah itu.

Kata Kunci: Multikulturalisme, Pendidikan Multikultural, Cultural Studies.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Saiful. 2009. Penerapan Konsep Pendidikan Multikultural H.A.R. Tilaar Pada Madrasah, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Amini, Ernie Isis Aisyah. 2005. Analisis Kebutuhan Pendidikan Multikultural Berbasis Kompetensi Pada Siswa SLTP, Singaraja: Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Bennet, Tony. 1982. “Popular Culture: Themes and Issues†dalam Popular Culture Arts in Amerika, Open University Press, Milton Keyes.

Berger. 1966. Social Construction of Reality, England: Penguin Books.

Banks, James A. (ed.). 1989. Multicultural Education: Issues and Perspectives, Boston-London: Allyn and Bacon Press.

Creswell, John W. 2003. Research Design, Quantative and Qualitative Approaches, London: Sage Publication.

Darmaningtyas. (1999). Pendidikan Pada Dan Setelah Krisis, Yogyakarta.

Geertz, Clifford. 1973. ‘The integrative Revolution: Primordial Sentiments and Civil Politics in the New State’ in The Interpretation of Cultures. New York: Basic Books.

Gollnick, Donna M. 1983. Multicultural Education in a Pluralistik Society. London: The CV Mosby Company.

Hasan, Hamid. 2001. Pendekatan Multikultural Untuk Penyempurnaan Kurikulum Nasional, makalah disampaikan pada seminar Pengembangan Kurikulum Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.

Hall, Stuart. 1999. “Cultural Identity and Diaspora†dalam Kathryn Woodward dkk. Identity and Diaspora. London: SAGE Publication.

Karner, Christian. 2007, Ethnicity and Everyday life, Routledge, London, UK.

Lubis, Akhyar Yusuf. 2006. Dekonstruksi Epistemologi Modern: dari Posmodernisme, Teori Kritis, Poskolonial hingga Cultural Studies, Jakarta: Pustaka Indonesia Satu.

Mahfud, Choirul. 2010. Pendidikan Multikultural, Yogyakrta: Pustaka Pelajar.

Neuman, W. Lawrence. 1991. Social Research Methods. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Parekh, Bhikhu. 2008. Rethingking Multiculturalism, Yogyakarta: Kanisius.

Rossman, Gretchen, B. and Sharon F. Rallis, 2003, Learning in the Field, London: SAGE Publications, Ltd.

Sealy, John. 1985. Religious Education Philosophical Perspective, London: George Allen & Unwin.

Sumartana at al. 2001. Pluralisme, Konflik, dan Pendidikan Agama di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shaw, Ian and Nick Gould. 2001. Qualitative Social Work Research, London:SAGE Publications.




DOI: 10.24235/jy.v2i1.912

Article Metrics

Abstract view : 921 times
PDF - 866 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License. 

Â