Perilaku Altruistik dan Eklektik dalam Praksis Pendidikan Kiai Ahmad Dahlan

Andi Andi(1), Sugeng Riadi(2), Nur Fajar Absor(3*),


(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal, yaitu: pertama representasi perilaku altruistik dan eklektik dalam filsafat pendidikan Kiai Ahmad Dahlan dan apa yang melatari Kiai Ahmad Dahlan melakukan kedua perilaku tersebut. Maka dari itu, penelitian ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk menggali filsafat pendidikan yang digagas oleh Kiai Ahmad Dahlan agar watak dasar dari filsafat pendidikan yang dikembangkannya dapat dilestarikan sesuai dengan semangat zaman. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan ancangan analisis isi. Penelitian ini memanfaatkan teknik baca dan teknik catat dalam pengumpulan data, sedangkan analisis yang digunakan adalah model hermeneutika. Sumber data penelitian adalah buku “Jejak Pembaruan Sosial dan Kemanusiaan Kiai Ahmad Dahlan” karya Abdul Munir Mulkhan, hal ini dikarenakan Kiai Ahmad Dahlan sendiri jarang meninggalkan karya tulis. Buku tersebut diterbitkan dalam tahun 2010 oleh Penerbit Kompas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku altruis dan eklektik banyak memberi kontribusi dalam filsafat pendidikan yang diselenggarakan oleh Kiai Ahmad Dahlan. Hasil lainnya menunjukkan bahwa dua perilaku tersebut dilatari oleh nilai-nilai etika welas asih dan pandangan liberal yang dimiliki Kiai Ahmad Dahlan.

 

Kata Kunci: Altruis, Eklektik, Filsafat Pendidikan, Filsafat Pendidikan, Ahmad Dahlan.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohamad. “Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah.” Profetika: Jurnal Studi Islam 17, no. 01 (2016): 43–56.

Bashori, Khoiruddin. “Menyemai Perilaku Prososial Di Sekolah.” Sukma: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2017): 57–92.

Cambridge-Dictionary. “Eclectic.” https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/eclectic.

———. “Liberal.” https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/liberal.

Hidayati, Fina. “Konsep Altruisme Dalam Perspektif Ajaran Agama Islam (ITSAR).” Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam 13, no. 1 (2016): 59–63.

Irani, Anna S. “Positive Altruism : Helping That Benefits Both the Recipient and Giver Positive Altruism : Helping That Benefits Both the Recipient and Giver” (2018).

J. Yeremias. “Altruisme Sebagai Dasar Tindakan Etis Menurut Peter Singer” 23, no. 01 (2018): 59–82.

Maarif, Ahmad Syafii. Peran Muhamamadiyah Dalam Perkembangan Global: Refleksi Satu Abad Kiprah Muhammadiyah Dalam Pembentukan Indonesia Modern. Jakarta: UMJ Press, 2010.

Merriam-Webster. “Eclectic.” https://www.merriam-webster.com/dictionary/eclectic.

Mulkhan, Abdul Munir. Jejak Pembaharuan Sosial Dan Kemanusiaan Kiai Ahmad Dahlan. Jakarta: Kompas, 2010.

Purnomo. “Gagasan Compassion Karen Armstrong Dan Kemungkinan Relevansinya Terhadap Harmoni Umat Beragama Di Indonesia.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. http://digilib.uin-suka.ac.id/31241/.




DOI: 10.24235/jy.v6i1.6196

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.