FENOMENA SAINS DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF IAN G. BARBOUR DAN ISMAIL RAJI AL-FARUQI

Nur Aeny Juliatiningsih(1*),


(1) UIN Walisongo Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan ilmu sains dan agama menimbulkan isu-isu pemberitaan  yang menarik untuk terus dikaji dan ditelaah. Isu-isu tentang pertentangan antara agama dan sains memberi semangat baru bagi beberapa ilmuwan dan agamawan, seperti Ian G. Barbour dan Ismail Raji Al-Faruqi. Perspektif mereka dalam mengkaji fenomena sains dalam  Al-Quran memberikan satu paradigma baru. Barbour dengan teori empat tipologi sains dan agama antara lain konflik, independensi, dialog dan integrasi sedangkan Ismail Raji Al-Faruqi dalam bukunya yang berjudul Islamization of Knowladge mengemukakan bahwa islamisasi harus ditujukan secara langsung terhadap bidang-bidang ilmu pengetahuan yang bersangkutan. Diharapkan dengan membandingkan dua pemikiran tokoh tersebut dapat menemukan titik temu antara sains dan agama sehingga kami merumuskan masalah berupa fenomena sains dalam Al-Qur’an menurut perspektif Ian G. Barbour dan Ismail Raji Al-Faruqi. Metode yang digunakan yaitu metode telaah pustaka pada jurnal-jurnal penelitian yang berkaitan dengan perspektif Ian G. Barbour dan Ismail Raji Al-Faruqi tentang fenomena sains dalam Al-Qur’an.

Kata Kunci : perspektif, relasi, agama dan sains


Full Text:

PDF

References


Al-faruqi, I. R. (2011). Yusafrida, Ismail Raji Al-Faruqi..... (1), 31–46.

Humaniora, G. M., & Islam, K. F. (2014). Titik Temu Islam Dan Sains ( Kajian atas Pemikiran Naquib Al-Attas dan Amin Abdullah ).

Ilmu, I. (2016). Islamisasi Ilmu Ismail Raji Al-Faruqi Abstract : II(2), 1–21.

Ismail Raji Al Farauqi dan Lois Lamya Al Farauqi. 2002. Atlas budaya islam: menjelajah khasanah peradaban gemilang: Bandung . Mizan.

Maliki, U. I. N., Jl, M., E-mail, D. M., Tinggi, P., & Agama, I. (n.d.). Integrasi Agama Dan Sains : Merespon Kelesuan Tradisi Ilmiah DI PTAI. 19(2), 284–313.

Musa, M. Yusuf. 1988. Al-Quran dan Filsafat, Waston, “Hubungan Sains dan Agama: Jakarta: Bulan Bintang.

Pendidikan, D. (n.d.). Konsep Ilmu Berlandasakan Tauhid Ismail Raji Al-Faruqi Serta Implikasinya di Dunia Pendidikan.

Purwanto, Agus. 2013. Ayat-ayat Semesta: Sisi-Ian G. Barbourâ€, PROFETIKA: Jurnal sisi Al-Quran yang Terlupakan.Bandung: Mizan.

Purwanto, Agus. 2005. Nalar Ayat-ayat Zubaidi, Dialog antara Sains menurut Ian Semesta: Menjadikan Al-Quran G. Barbour dengan Ayat-ayat Al-Quran sebagai Basis Konstruksi Ilmu Pengetahuan.Bandung: Mizan, Ushuluddin IAIN Walisongo 2012. Semarang.

Shihab, M. Quraish. . 1996. “Membumikan†Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Shihab, M. Quraish. 1997. Mukjizat Al-Quran ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan Gaib. Bandung: Mizan.

Shihab, M. Quraish. 2001. Tafsir al-MishbÄh: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. IV, Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Quraish. 2014. Membumikan†Al-Quran PROFETIKA: Jurnal Studi

Syamsu, Nazwar. 2012. Al-Qur’an Dasar Tanya Jawab Ilmiah, Jakarta: Ghalia Indonesia, t.th. Syamsuddin, Ach. Maimun, IntegrasiMutlidimensi Agama dan Sains: Analisis Sains Islam al-Attas dan Mehdi Golshani, Yogyakarta: IRCiSoD.

Taslaman, Caner. 2010. Miracle of the Quran: Keajaiban Al-Quran Mengungkap Penemuan-penemuan Ilmiah Modern. Bandung: Mizan.

Temple, Frederick. 1988. The Relations between Religion and Science: Eight Lecture Preached before the University of Oxford in the Year 1884 on the Foundation of the Late Rev. John Bampton, M.A, Waston, “Hubungan Sains dan Agama: Refleksi Filosofis atas Pemikiran. Jakarta: Bulan Bintang.

Ian G. Barbour. 2013. PROFETIKA: 1si-isi al-Quran yang Terlupakan . Jurnal Studi Islam, Vol. 15, :Mizan.

Umma Farida. (2014). Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi. Fikrah, 2(2), 207–227.

Waston, “Hubungan Sains dan Agama: Refleksi Filosofis atas Pemikiran Ian G. Barbourâ€: Paris.

Zubaidi. 2005. Dialog antara Sains menurut Ian G. Barbour dengan Ayat-ayat al-Qur’an, Skripsi pada Fakultas sebagai Basis Konstruksi Ilmu Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang.

Marazi, H. (2010). Empowering Education With Values And Integration Of Religion And Science: Madrasah Al-Zahra Model. Proceedings of ICIC2015–International Conference on …, (September), 51–77. Diakses tanggal 31 Oktober 2019

https://www.unisza.edu.my/icic/images/Fullpaper/07_-_Hamidullah_Marazi.pdf

Khoirudin, A. (2017). Sains Islam Berbasis Nalar Ayat-ayat Semesta. At-Ta’dib, 12(1), 195. Diakses tanggal 31 Oktober 2019

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v12i1.883

Baedhowi, B. (2016). Mencari Format Ideal Teo-Ekologi dari Hubungan Antar Agama dan Sains. Millah, VI(2), 77–96. Diakses tanggal 31 Oktober 2019 https://doi.org/10.20885/millah.volvi.iss2.art6

Maftukhin, M. (2017). Reposisi Konsep Ketuhanan: Tanggapan Muhammad Iqbal Dan Said Nursi Atas Perjumpaan Islam Dan Sains. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 12(1), 77–102. Diakses tanggal 31 Oktober 2019 https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.1.77-102




DOI: 10.24235/jy.v6i1.5541

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 0 times

Refbacks



Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License. 

Â