STRATEGI INTERNALISASI NILAI BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
(1) Jurusan Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Untuk menanamkan nilai budaya melalui pembelajaran matematika perlu diketahui terlebih dahulu nilai-nilai dalam matematika sendiri, nilai-nilai dalam pembelajaran matematika, dan nilai-nilai budaya. Karena matematika adalah bentuk atau produk budaya serta proses pembelajarannya terjadi melalui atau dalam budaya, maka nilai-nilai matematika dan pembelajaran matematika tidak lain adalah nilai budaya. Penanaman nilai budaya ini dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan melalui empat strategi, yaitu infusi, analogi, narasi, dan immersi. Tentunya strategi ini masih perlu didukung oleh penciptaan lingkungan belajar yang juga mendukung penanaman nilai budaya.
Kata kunci: internalisasi, nilai budaya, matematika, pembelajaran matematika
Full Text:
PDFReferences
Abdussakir. (2007) Ketika Kyai Mengajar Matematika. Malang: UIN-Maliki Press.
Abdussakir dan Rosimanidar. (2017) Model Integrasi Matematika dan Al-Quran serta Praktik Pembelajarannya. Makalah Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam Al-Quran dengan tema “Build a Competitive and Intellectual Young Mathematician Through Mathematics Competition and Integrating Islamic Values in Mathematics Learning†oleh HMJ Pendidikan Matematika IAIN Bukittinggi, tanggal 26 April 2017.
Bell, F.H. (1978) Teaching Learning Mathematics: In Secondary Schools. Iowa: Wm. C. Brown Company.
Bishop, A. (1991). Mathematical Enculturation: A Cultural Perspective on Mathematics Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher
Bishop, A.J. (1994a) Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. For the Learning of Mathematinl 4(2): 15-18.
Bishop, A.J (1994b). Cultural Conflicts in the Mathematics Education of Indigenous People. Clyton, Victoria: Monash University.
Bishop, A.J. (2001) What Values Do You Teach When You Teach Mathematics? Teaching Children Mathematics 7(6): 346
Bishop, A. (2008) Values in Mathematics and Science Education: Similarities and Differences. The Montana Mathematics Enthusiast, 5(1): 47-58
Bishop A.J, Seah W.T., Chin C. (2003) Values in Mathematics Teaching: The Hidden Persuaders? Dalam: Bishop A.J. (eds) Second International Handbook of Mathematics Education. Springer International Handbooks of Education. Dordrecht: Springer.
Bloom, B.S. dan Krathwohl, D.R. (1956) Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay Company, Inc.
Dahar, R.W. (1988) Teori-teori Belajar. Jakarta: P2LPTK
Devlin, K. (2000) The Maths Gene. London: Weidenfeld and Nicolson.
Devlin, K. (2002) The Language of Mathematics. New York: Holt Paperback.
Ernest, P. (1991) The Philosophy of Mathematics and Mathematics Education. London: Routledge Falmer.
Ernest, P. (1998) Social Constructivism as a Philosophy of Mathematics. New York: Suny Press
Hardy, G. H. (1992) The Mathematician’s Apology. Cambridge: Cambridge University Press.
Herutomo, R.A, (2015) Integrasi Nilai-nilai Budaya Bangsa dalam Pembelajaran Matematika. (Online) https://www.slideshare.net/rezkyagungherutomo/integrasi-nilai-budaya-pada-pembelajaran-matematika-44247660 (diakses 28 Desember 2017)
Hudojo, H. (1979) Pengembangan Kurikulum Matematika & Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.
Koentjaraningrat. (1996) Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta
Krathwohl, D.R., Bloom, B.S. dan Masia, B.B. 1964. Taxonomy of Educational Objectives, Book II. Affective Domain. New York: David McKay Company, Inc.
Legner, P. (2013) The Value in Teaching Mathematics. (Online) https://mathigon.org/downloads/value-of-mathematics.pdf (Diakses 28 Desember 2017)
Limbaco, K.S.A. (2015) Values Taught, Values Learned, Attitude and Performance in Mathematics. AIP Conference Proceedings 1651(1): 94 https://doi.org/10.1063/1.4914438
Maryati, I dan Priatna, N. (2017) Integrasi Nilai-nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal “Mosharafaâ€, 6(3): 333-344
Nasoetion, A.H. (1980) Landasan Matematika. Jakarta: PT Bhratara Karya Aksara
Orey, D.C dan Rosa, M. (2008) Ethnomathematics and Cultural Representations: Teaching in Highly Diverse Contexts. Acta Scientiae 10(1): 27-46
Rahman, A. (2016). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika,5(3): 1-7
Rosa, M., & Orey, D.C. (2006). Current Approaches in The Ethnomathematics as a Program: Delineating a Path Toward Pedagogical Action. BOLEMA, 19(26): 19-48.
Rosa, M. & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: The Cultural Aspects of Mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54
Pound, L. and Lee, T. (2011) Teaching Mathematics Creatively. New York: Routledge
Schoenfeld, A. (2005) Mathematics Teaching and Learning. California: University of California.
Soedjadi, R. (2000) Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Sumardyono. (2004) Karakteristik Matematika dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.
Suyitno, H. (2012) Nilai-nilai Pendidikan Matematika bagi Pembentukan Karakter Bangsa. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Jurusan Matematika Universitas Negeri Semarang pada tanggal 13 Oktober 2012.
Article Metrics
Abstract view : 207 timesPDF - 119 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.