Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Kimia di Kabupaten Cirebon
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Kurikulum merdeka belajar didesain agar pembelajaran siswa dapat lebih aktif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA/MA Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2023/2024 dalam pembelajaran Kimia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa SMA/MA di Kabupaten Cirebon telah melaksanakan kurikulum merdeka sesuai dengan tahapan dan ketentuan dari Kemendikbudristek. Semua guru telah Menyusun perangkat pembelajaran yang dianjurkan meliputi ATP, modul ajar, KKTP, dan projek P5 sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan. Mayoritas guru sudah melakukan pembelajaran dan penilaian sesuai dengan kurikulum Merdeka. Namun, guru masih mengalami kesulitan dalam melakukan pembelajaran yang berdiferensiasi.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Research and Practice of Educational Chemistry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.