Analisis Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam dan Basa
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A., Danial, M., & Anwar, M. (2021). Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Problem Based Learning melalui Google Classroom pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Chemistry Education Review (CER), 5(1), 86. https://doi.org/10.26858/cer.v5i1.26362
Adawiyah, R., Masriani, M., & Putra, R. (2017). Deskripsi Kesalahan Konsep Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di Sman 1 Teluk Keramat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(10), 214887.
Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Strategi Pengembangan Literasi Kimia Bagi Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 100–108. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.97
Bella, Sahputra, E. (2013). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SMAN 4 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 2(9), 1–14.
Caniago, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Asam Basa Di Sma Negeri 1 Pasie Raja. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Ginting Ria R., Ginting Egi V., Hasibuan R. J., & Perangin-angin L. M. (2022). Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di Sdn0704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 407–416. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/778
Hartantia, R. M., Hayus, E. S. Van, & Nugroho, A. (2013). Penerapan Model Creative Problem Solving ( CPS ) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Termokimia Siswa Kelas XI IPA 2. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 100–109.
Haryoko, S. (2020). Analisa Data Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik dan Prosedur Analisis). Badan penerbit UNM. http://eprints.unm.ac.id/20838/
Hidayanti, S. A., Burhanuddin, B., Siahaan, J., & Hakim, A. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Materi Asam Basa. Chemistry Education Practice, 5(2), 202–207. https://doi.org/10.29303/cep.v5i2.3158
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. International Conference on Islamic Education, 2(1), 1–12.
Kepmendikbudristek. (2022). Kepmendikbudristek No.56 Pedoman Penerapan Kurikulum (pp. 1–112).
Merdekawati, K. (2013). Pengaruh Kemampuan Matematik Terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(1), 26–31.
Ningtyas, A. A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar bagi Prestasi Belajar Kimia melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(11), 1835–1843.
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402
R. H. Mardhiyah, S. N. F. Aldriani, F. C. et al. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 71(1), 63–71.
Riska. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIAMATERI MENGGAMBAR DENAH SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BELAWA KECEMATAN BELAWA KABUPATEN WAJO. In Universitas Muhamadiyah Makasar. Universitas Muhamadiyah Makasar.
Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846
Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, 4(1), 86–97. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/15469
Sasmono, S. (2018). Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Pokok Bahasan Hakikat Ilmu Kimia. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 189. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.727
Septiyani, S., Sartika, R. P., & Hadi, L. (2017). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Asam-Basa Siswa Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–9.
Sitepu, C. (2021). Identifikasi Kesulitan Dan Miskonsepsi Kimia Umum Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Hkbp Nommensen. Jurnal Suluh Pendidikan, 9(2), 107–114. https://doi.org/10.36655/jsp.v9i2.581
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Suwartini, S. (2019). Efektivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas I SD Negeri 4 Barenglor. Jurnal Pendidikan Modern, 4(2), 29–37. https://doi.org/10.37471/jpm.v4i2.18
Suweta, I. M. (2020). Model Pembelajaran Ekspository sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kepariwisataan. Journal of Education Action Research, 4(4), 467. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28644
Watoni, M. S. (2019). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Bidang Studi Akuntansi. Manazhim, 1(1), 64–80. https://doi.org/10.36088/manazhim.v1i1.138
Zakiyah, Ibnu, S., & Subandi. (2018). Analisis Dampak Kesulitan Siswa pada Materi Stoikiometri Terhadap Hasil Belajar Termokimia. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 3(1), 119–134.
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Research and Practice of Educational Chemistry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.