Analisis Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam dan Basa

safitri awalliyah(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia menjadi permasalahan yang penting untuk diperbincangkan. Penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat akan membuat siswa sulit untuk memahami materi. Padahal karakteristik dari pembelajaran kimia adalah adanya keterkaitan antara satu materi dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran ekspositori terhadap peningkatan hasil belajar siswa materi asam dan basa. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan Teknik triangulasi. Penelitian ini dilakukan di salah satu MAN di kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran ekspositori pada materi asam dan basa kurang berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa

Keywords


Ekspositori, asam basa, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., Danial, M., & Anwar, M. (2021). Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Problem Based Learning melalui Google Classroom pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Chemistry Education Review (CER), 5(1), 86. https://doi.org/10.26858/cer.v5i1.26362

Adawiyah, R., Masriani, M., & Putra, R. (2017). Deskripsi Kesalahan Konsep Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di Sman 1 Teluk Keramat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(10), 214887.

Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Strategi Pengembangan Literasi Kimia Bagi Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 100–108. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.97

Bella, Sahputra, E. (2013). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SMAN 4 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 2(9), 1–14.

Caniago, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Asam Basa Di Sma Negeri 1 Pasie Raja. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Ginting Ria R., Ginting Egi V., Hasibuan R. J., & Perangin-angin L. M. (2022). Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di Sdn0704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 407–416. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/778

Hartantia, R. M., Hayus, E. S. Van, & Nugroho, A. (2013). Penerapan Model Creative Problem Solving ( CPS ) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Termokimia Siswa Kelas XI IPA 2. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 100–109.

Haryoko, S. (2020). Analisa Data Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik dan Prosedur Analisis). Badan penerbit UNM. http://eprints.unm.ac.id/20838/

Hidayanti, S. A., Burhanuddin, B., Siahaan, J., & Hakim, A. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Materi Asam Basa. Chemistry Education Practice, 5(2), 202–207. https://doi.org/10.29303/cep.v5i2.3158

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. International Conference on Islamic Education, 2(1), 1–12.

Kepmendikbudristek. (2022). Kepmendikbudristek No.56 Pedoman Penerapan Kurikulum (pp. 1–112).

Merdekawati, K. (2013). Pengaruh Kemampuan Matematik Terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(1), 26–31.

Ningtyas, A. A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar bagi Prestasi Belajar Kimia melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(11), 1835–1843.

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402

R. H. Mardhiyah, S. N. F. Aldriani, F. C. et al. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 71(1), 63–71.

Riska. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIAMATERI MENGGAMBAR DENAH SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BELAWA KECEMATAN BELAWA KABUPATEN WAJO. In Universitas Muhamadiyah Makasar. Universitas Muhamadiyah Makasar.

Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846

Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, 4(1), 86–97. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/15469

Sasmono, S. (2018). Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Pokok Bahasan Hakikat Ilmu Kimia. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 189. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.727

Septiyani, S., Sartika, R. P., & Hadi, L. (2017). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Asam-Basa Siswa Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–9.

Sitepu, C. (2021). Identifikasi Kesulitan Dan Miskonsepsi Kimia Umum Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Hkbp Nommensen. Jurnal Suluh Pendidikan, 9(2), 107–114. https://doi.org/10.36655/jsp.v9i2.581

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Suwartini, S. (2019). Efektivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas I SD Negeri 4 Barenglor. Jurnal Pendidikan Modern, 4(2), 29–37. https://doi.org/10.37471/jpm.v4i2.18

Suweta, I. M. (2020). Model Pembelajaran Ekspository sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kepariwisataan. Journal of Education Action Research, 4(4), 467. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28644

Watoni, M. S. (2019). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Bidang Studi Akuntansi. Manazhim, 1(1), 64–80. https://doi.org/10.36088/manazhim.v1i1.138

Zakiyah, Ibnu, S., & Subandi. (2018). Analisis Dampak Kesulitan Siswa pada Materi Stoikiometri Terhadap Hasil Belajar Termokimia. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 3(1), 119–134.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Research and Practice of Educational Chemistry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.