Analisis Muatan Pembelajaran Kuantum Topik Kimia Unsur dalam Buku Ajar Kimia SMA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Buku ajar siswa seharusnya mencakup materi pelajaran yang mudah dipelajari dan dipahami, serta dapat memotivasi siswa untuk senantiasa belajar dan tertarik untuk mempelajarinya. Salah satu jenis buku ajar yang mampu membangkitkan minat siswa untuk belajar adalah buku ajar yang menggunakan strategi pembelajaran kuantum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian dari buku ajar kimia berdasarkan sekuensi pembelajaran kuantum. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sekitar 66% dari isi buku ini masih kurang sesuai dengan sekuensi pembelajaran kuantum. Terdapat dua langkah dari sekuensi pembelajaran kuantum yang tidak tercantum dalam buku ajar yang dianalisis, yaitu langkah pertama (temukan) dan keenam (rayakan).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, M. S., & Pramukantoro, J. A. (2014). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Motivasi Siswa pada Standar Kompetensi Dasar-Dasar Elektronika di SMK Nu Sunan Drajat Paciran Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 105-110.
Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Proses pembelajaran kreatif dan inovatif dalam kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Costanzo, R. D. (2009). The function and use of the textbook in an undergraduate nursing program (Doctoral dissertation, Indiana University of Pennsylvania).
Tarigan, D., & Tarigan, H. G. (1986). Telaah Buku Teks SMTA. Jakarta: Depdikbud.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2008). Quantum Lerning (Edisi Terjemahan). Bandung: Mizan Pustaka.
De Porter, B. (2012). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Depdiknas. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Pendidikan dasar dan Menegah.
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif.
Jannah, D. F., & Dwiningsih, K. (2013). Kelayakan buku ajar kimia berorientasi quantum learning pada materi pokok kimia unsur untuk siswa kelas XII SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 2(2), 163-170.
Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology. Sage publications.
Nur’aini, D., Rahardjo, S. B., & Vh, E. S. (2017). Analisis Buku Ajar Kimia Kelas XI Pada Materi Termokimia di Kota Surakarta Berdasarkan Muatan Literasi Sains. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 254-259).
Rosita, R. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. FITK Uin Ar-Raniry.
Imaduddin, M. I. (2013) ‘Modul Q-SETS sebagai Rekayasa Bahan Ajar Kimia yang Bermuatan Quantum Learning dan Bervisi Salingtemas’, JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 1(1), pp. 26–36.
Mikaningsih, J. N. A. (2014) ‘Penenerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN Gading 1 Sumenep’, PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 3(1), p. 28.
Muttaqin, M. F., Sulton, S., & Abidin, Z. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Belajar Siswa dengan Kerangka TANDUR untuk siswa kelas IV SD pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kberagaman budaya bangsaku. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 249-256.
Rahayuningtyas, D. I., & Mustadi, A. (2018). Analisis muatan nilai karakter pada buku ajar kurikulum 2013 pegangan guru dan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2).
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Research and Practice of Educational Chemistry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.