Peningkatan Penguasaan Konsep dan Efikasi diri Siswa SMA melalui Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada Konsep Pembuatan Koloid

Hidayati Oktarina(1*), Novita sari(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep dan efikasi diri siswa melalui pembelajaran POGIL pada konsep pembuatan koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods design dengan tipe Embedded Experimental. Subyek penelitian terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran POGIL dan 28 siswa kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh hasil penelitian digunakan intrumen berupa tes tertulis penguasaan konsep, kuesioner yang diadaptasi dari College Biology Self-Efficacy Scale (CBSES), dan lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan uji perbedaan rerata <g> dan uji korelasi Pearson Product Moment, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran POGIL dapat meningkatkan penguasaan konsep dan efikasi diri siswa. Hubungan antara penguasaan konsep dan efikasi diri siswa menunjukkan korelasi yang positif dengan kategori cukup (r = 0,498). Kegiatan pembelajan POGIL terlaksana dengan kategori baik (75,08 %) sehingga menciptakan siswa lebih aktif, kerja sama di dalam kelompok dan meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan yang dimilikinya.


Keywords


POGIL, efikasi diri, penguasaan konsep, pembuatan koloid

Full Text:

PDF

References


Alamanda, V. D, & Novita, D. (2015). Penerapan Strategi POGIL untuk Meningkatkan Self-efficacy Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X. UNESA Journal of Chemical Education. 4(1). hlm 34-40.

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 5(2), hlm. 156-178.

Azizah, Z. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Efikasi Diri, Kecemasan, Dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Sma Kelas XI Pada Materi Sistem Koloid. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Baldwin, J. A., May, D. E., & Burns, D. J. (1999). The Development of a College Biology Self-Efficacy Instrument for Nonmajors. John Wiley & Sons. Inc, 83. hlm. 397-408.

Bandura, A. (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.). Encyclopedia of Human Behavior. Vol. 4. hlm 71-81. New York: Academic Press.

Barthlow, M. J. (2011). Effectiveness of Process Oriented Guided Inquiry Learning tu Reduce Alternate Conceptions in Secondary Chemistry. (Disertasi). Liberty university.

Britner, S. L., & Pajares, F. (2006). Sources of Science Selfâ€Efficacy Beliefs of Middle School Students. Journal of Research in Science Teaching, 43(5). hlm. 485-499.

Brown, P. J. P. (2010). Process Oriented Guided Inquiry Learning in An Introductory Anatomy and Physiology Course with A Diverse Student Population. Advances in Physiology Education, 34(2). hlm. 150-155.

Carleton. (2013). Process-Oriented Guided Inquiry Learning. [Online]. http://serc.carleton.edu/sp/pkal/POGIL/index.html diakses tanggal 25 Oktober 2015.

Chase, A, Pakhira, D, & Stains, M. (2013). Implementing Process-Oriented, Guided Inquiry Learning for the First Time: Adaptations and Short-Term Impacts on Students’ Attitude and Performance. Journal of Chemical Education. 90(4), hlm 409-416.

Creswell, J, W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Reasearch, 4th edition. Boston: Pearson.

Direktorat PLP Dirjen Dikdasmen Depdiknas. (2004). Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Fahim, M. & Mouziraji, A. N. (2013). The Relationship Between Iranian EFL Students' Self-Efficacy Beliefs and Critical Thinking Ability. Theory and Practice in Language Studies, 3(3). hlm. 538-543.

Gale, S. D. & Boiselle, L. N. (2015). The Effect of POGIL on Academic Performance and Academic Confidence. Science Education International. 26 (1). hlm 56-61.

Gazali, Z. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Koloid untuk SMA Kelas XI IPA Semester II Berdasarkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Kependidikan LPPM IKIP Mataram, 14 (4). hlm. 417-425.

Hairida & Astuti, M. W. (2012). Self Efficacy dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA-Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1). Hlm. 26-33.

Hanson, D. & Apple, D. (2004). Process–The Missing Element. Tersedia [Online]. http://www.pkal.org/documents/Hanson-apple_process-the-missing-element.pdf diakses tanggal 13 Januari 2016.

Hanson, D. M. (2005). Designing Process Oriented Guided Inquiry Activities. Tersedia [Online]. https://www.researchgate.net/publication/238073200_Designing_Process-Oriented_Guided-Inquiry_Activities diakses tanggal 13 Januari 2016.

İçöz, Ö., F. (2014). Secondary School Students’ Self-Efficacy Beliefs toward Chemistry Lessons. Karaelmas Journal of Educational Sciences,Vol 2. hlm. 12-21.

Kamil, Y. M. (2014). Pengaruh Praktikum Laju Reaksi Berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Kirbulut, Z. D. (2014). Modeling the Relationship Between High School Students' Chemistry Self-Efficacy and Metacognitive Awareness. International Journal of Environmental and Science Education, 9(2). hlm. 177-196.

Muslim, B. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Pemecahan Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Efikasi Diri Siswa pada Konsep Hidrolisis Garam. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Meyer, P., Hong, H. H., & Fynewever, H. (2008). Inquiri-Based Chemistry Curriculum for Pre-Service Education Students. The Chemical Educato, 13(2). hlm. 120-125.

Moafian, F. & Ghanizadeh, A. (2011). A Correlational Analysis of EFL University Students’ Critical Thinking and Self-Efficacy. The Journal of Teaching Language Skills (JTLS), 3(1). hlm. 119-149.

Nurgiyantoro, B., Gunawan, & Marzuki. (2004). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah mada University Press.

Rosidah. (2013). Keefektifan Pembelajaran POGIL Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Peluang. Jurnal Kreano, ISSN : 2086-2334, 4(1). hlm. 73-79.

Şen, S., Yılmaz, A., & Geban, Ö. (2015). The Effects of Process Oriented Guided Inquiry Learning Environment on Students’ Self-Regulated Learning Skills. Problems of Education In The 21st Century, Vol 6 ISSN 1822-7864. hlm. 54-66.

Temel, S. (2013). The Effects of Problem-Based Learning on Self-Regulated Learning Skills and the Variables Predictive of These Skills. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(14). hlm. 297-302.

Tenaw, Y. A. (2013). Relationship Between Self-efficacy, Academic Achievment and Gender in Analytical Chemistry at Debree Markos College of Teacher Education. AJCE. 3(1), hlm 3-28.

Vacek, J. J. (2011). Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), A Teaching Method From Physical Sciences, Promotes Deep Student Learning In Aviation. University Aviation Association, 29(2). hlm. 78-88.

Widyaningsih, S. Y., Haryono., & Sulistyo, S. (2012). Model MFI dan POGI Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kreatifitas Siswa terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Inkuiri, 1(3), hlm 266-275.

Wiersma, W. & Jurs, S. G. (2009). Research Methods in Education. USA: Pearson.

Zamista, A. A. & Kaniawati, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran POGIL terhadap Ketrampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Edusains, 7(2). hlm. 191-201.

Zawadzki, R. (2010). Is Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Suitable as A Teaching Method in Thailand’s Higher Education?. Asian Journal on Education and Learning, 1(2). hlm. 66-74.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Research and Practice of Educational Chemistry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.