Model Pembelajaran Kontekstual pada Materi Kimia Hijau dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Maulidiningsih Maulidiningsih(1*), Idha Ayu Kusumaningrum(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Materi kimia hijau sangat erat dengan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kenyataannya hasil belajar siswa pada materi tersebut masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang minat dalam belajar dan hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual pada materi kimia hijau terhadap minat belajar siswa serta menganalisis factor lain yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pembelajaran kimia materi kimia hijau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel dari penelitian ini siswa kelas X-7 di salah satu SMA di kabupaten Cirebon tahun pelalajaran 2022/2023. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kontekstual dalam materi kimia hijau dapat meningkatkan minat belajar siswa di SMA tersebut serta factor lain yang ikut berpengaruh terhadap minat belajar siswa adalah keingintahuan, motivasi, intelegensi, peran keluarga, dan teman sebaya. 

Keywords


Kimia Hijau, Kontekstual, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3005/2208

Barimbing, A., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2022). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1065. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8577

Chaerunnisa, N. A., & Bernard, M. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Scratch. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1577–1584. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1577-1584

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Ernawati, Sahputra, R., & Lestari, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Koloid SMA. Jurnal Pendiidkan Kimia FKIP UNTAN, 1–12.

Hartoyo. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 1, 92–108.

Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Xi Mia Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24060

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. In Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) (Vol. 6, Issue 1, p. 193). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Kusumaningrum, I. A., Ashadi, & Indriyanti, N. Y. (2018). Concept cartoons for diagnosing student’s misconceptions in the topic of buffers. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012036

Merta, L. M. (2020). Model Pembelajaran Penemuan Menggunakan Praktikum Kimia Hijau untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 461–468. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/29373%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/viewFile/29373/18528

Nurbaity. (2011). JURNAL RISET PENDIDIKAN KIMIA Vol. 1, No. 1 (2011) PENDEKATAN GREEN CHEMISTRY SUATU INOVASI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERWAWASAN LINGKUNGAN. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 1(1), 13–21.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Ratnawati, E. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Memahami Bentuk Aljabar , Relasi , Fungsi , dan Persamaan Garis Lurus dengan Metode Pembelajaran Model Kontekstual Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VIII . D MTs Negeri 2 Ponorogo Tahun. 7, 3175–3184.

Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846

Sarminah, S. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas Vi Sd Negeri 004 Tembilahan Kota Kecatamatan Tembilahan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2), 293. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i2.5079

Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.

Sinaga, M., & Silaban, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 33. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8051

Sitorus, R., & Siburian, E. (2013). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Pokok Bahasan Penjumlahan Pecahan Di Kelas V SD Negeri No. 015897 Buntu Pane. Jurnal Handayani, 1(1), 9–18. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/1250/7237

Widayanti, F. E. (2019). Implementasi Kurikulum Ismuba Di Mi Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3572

Yulizah, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mencatat Transaksi Dalam Jurnal Umum. (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung Tahun 2013/2014). Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 3(2), 41. https://doi.org/10.17509/jpak.v3i2.15438

Zaki Al Fuad, & Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 54. file:///C:/Users/Toshiba/Downloads/35-67-1-SM.pdf


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Research and Practice of Educational Chemistry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.