Pemanfaatan Model 3D Printing Pada Materi Ikatan Kimia

Alfin Alfin(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Representasi 2D memiliki keterbatasan dalam proses pembelajarannya, karena dalam representasi dalam dimensi ini memiliki kekurangan yang fatal. Keterbatasan dalam projek 2D ini mengajak peserta didik untuk memahami bentuk ikatan yang terjadi dalam pikiran mereka saja. Karena manusia memiliki indra peraba atau taktil sebagai indra terbesar yang dimiliki manusia, representasi 2D tidak dapat dirasakan oleh indra tersebut, dengan adanya pemanfaatan model 3D diharapkan akan membantu para peserta untuk memahami baik dari segi konektivitas dan bentuk ikatan yang terbentuk sesuai notasi VSEPR maupun bentuk molekulnya. Pembuatan model 3D secara digital dibantu dengan perangkat lunak CAD dan menjadi file STL untuk mengubah atau mencetak model 3D dengan teknologi FDM (fused deposition modelling)   dari model CAD dengan satuan file STL, dengan bahan yang dipakai berupa filamen termoplastik, bahan ini digunakan dengan cara dipanaskan hingga meleleh dan akan mendingin dan mengeras sesuai bentuk model yang diinginkan file STL. Tujuan dari laporan pemanfaatan model 3D ini untuk memahami fenomena kimia yang seharusnya secara mikroskopis agar pemahaman semakin meningkat dan memanfaatkan cetakan 3D ke dalam kelas Kimia.


Keywords


3D Printing, Ikatan Kimia, Pendidikan Kimia.

Full Text:

PDF

References


Cody W. Pinger, Morgan K. Geiger, and Dana M. Spence. 2019. Applications of 3D-Printing for Improving Chemistry Education. Journal Chemical Education. DOI : 10.1021/acs.jchemed.9b00588

Danil S. Kaliakin, Ryan R. Zaari, and Sergey A. Varganov. 2015. 3D Printed Potential and Free Energy Surfaces for Teaching Fundamental Concepts in Physical Chemistry. J. Chem. Educ. DOI: 10.1021/acs.jchemed.5b00409

Denis Fourches and Jeremiah Feducia. 2018. Student-Guided Three-Dimensional Printing Activity in Large Lecture Courses: A Practical Guideline. J. Chem. Educ. DOI: 10.1021/acs.jchemed.8b00346

Natalie L. Dean, Corrina Ewan, and J. Scott McIndoe. 2016. Applying Hand-Held 3D Printing Technology to the Teaching of VSEPR Theory. J. Chem. Educ. DOI: 10.1021/acs.jchemed.6b00186

Neelam Bharti, and Shailendra Singh. 2016. Three-Dimensional (3D) Printers in Libraries: Perspective and Preliminary Safety Analysis. J. Chem. Educ. DOI: 10.1021/acs.jchemed.6b00745

Stone, A. H.; Siegelman, I. 1964. An Atomic and Molecular Orbital Models Kit. J. Chem. Educ.

Thomas D. Goddard, Alan A. Brilliant, Thomas L. Skillman, Steven Vergenz, James Tyrwhitt-Drake, Elaine C. Meng1 and Thomas E. Ferrin1. Molecular Visualization on the Holodeck. Journal Molecular of Biology. https://doi.org/10.1016/j.jmb.2018.06.040

Vincent F. Scalfani, and Thomas P. Vaid, 3D Printed Molecules and Extended Solid Models for Teaching Symmetry and Point Groups. J. Chem. Educ. DOI : dx.doi.org/10.1021/ed400887t


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Research and Practice of Educational Chemistry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.