Pemahaman Struktur Atom pada Model Atom Niels Bohr
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Di dalam ilmu kimia terdapat materi tentang atom yang menjelaskan bahwa, atom merupakan partikel terkecil penyusun partikel-partikel lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui struktur atom pada model atom Niels Bohr. Bohr meragukan teori atom sebelumnya yaitu model atom Rutherford, Bohr mencari keterangan baru bagaimana posisi elektron disekeliling atom. Penelitian ini bersifat noneksperimen dan data yang diperoleh berupa studi pustaka dan teknik pengumpulan datanya menggunakan studi literatur. Elektron tidak menyerap atau melepas energi, namun pada keadaan tertentu tingkat ene rgi dasar dimana elektron berada dalam keadaan stasioner. Posisi elektron yang mengorbit dengan tingkat energi tertentu, semakin tinggi energi maka semakin jauh orbit dari inti. Elektron-elektron yang mengorbit inti atom terbagi dalam bebarapa kulit atom yang disebut dengan bilangan kuantum.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allmend, T. (2018). The Atom Model of Helium and of Neon Based on the Theorem of Niels Bohr. Journal of Applied Mathematics and Physics, 06(06), 1290-1300. https://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/ed039p534
Faye, J., & Jaksland, R. (2021). Barad, Bohr, and quantum mechanics. Synthese, 199(3-4), 8231-8255. https://link.springer.com/10.1007/s11229-021-03160-1
Garrett, A. B. (1962). The Bohr atomic model: Niels Bohr. Journal of Chemical Education, 39(10), 534. https://doi.org/10.1021/ed039p534
Sabarni, S. (2019). Struktur Atom Berdasarkan Ilmu Kimia Dan Perspektif Al-Quran. Lantanida Journal, 7(1), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4647
Sales, J. H. de O., & Suzuki, A. T. (2022). Revisiting Angular Momentum Quantization in Bohr’s Atomic Model. The Journal of Engineering and Exact Sciences, 8(1), 13960–01e. https://doi.org/10.18540/jcecvl8iss1pp13960-01e
Suto, K. (2021). The Quantum Condition That Should Have Been Assumed by Bohr When Deriving the Energy Levels of a Hydrogen Atom. Journal of Applied Mathematics and Physics, 09(06), 1230- 1244. https://www.scirp.org/journal/doi.aspx?doi=10.4236/jamp.2021.96084
Wulandari, C., Susilaningsih, E., & Kasmui, K. (2018). Estimasi Validitas Dan Respon Siswa Terhadap Bahan Ajar Multi Representasi: Definitif, Makroskopis, Mikroskopis, Simbolik Pada Materi Asam Basa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 165–174. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2498
Yayan Alpian, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, & Nizmah Maratos Soleha. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Research and Practice of Educational Chemistry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.