Pengembangan Game Edukasi Kimia pada Materi Struktur Atom

Adli Saleh(1), Hidayati Oktarani(2), Rena Aprillia Indah Sari(3*),


(1) Prodi Tadris Kimia IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Aceh, Indonesia
(3) Prodi Tadris Kimia IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Struktur atom merupakan salah satu konsep kimia yang bersifat abstrak dan kompleks sehingga membutuhkan penalaran ilmiah. Hal tersebut memunculkan masalah dalam proses pembelajaran seperti kejenuhan yang dialami oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran alternatif untuk topik struktur atom berupa game edukasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Sugiyono dengan 10 tahap, namun dibatasi sampai tahap ketujuh, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Produk game edukasi divalidasi melalui penilaian ahli kepada tiga orang validator dari unsur guru dan dosen. Hasil validasi menunjukkan rata-rata persentase sebesar 90 % dengan kriteria sangat layak. Selain itu, dilakukan pula penggalian respon terhadap produk kepada siswa dan guru. Hasil respon terhadap game edukasi kimia ini memperoleh hasil skor rata-rata persentase adalah 100 % dari responden guru dan 95,33 % dari responden siswa yang berarti game edukasi ini memiliki kriteria sangat baik.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Henry, S. (2010). Cerdas Dengan Game “Panduan Praktis Bagi Orang tua dalam Mendampingi Anak Bermain Gameâ€. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ibrahim, R., Nana S. S. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rinika Cipta.

Kirriemuir, J. & McFarlane, A. (2004). Report 8: Literature Review in Games and Learning. United Kingdom: Futurelab. Diakses pada: https://www.researchgate.net/publication/32231341_Literature_Review_in_Games_and_Learning.

Sari, K. W., Saputro, S., & Hastuti, B. (2014). Pengembangan game edukasi kimia berbasis role playing game (RPG) pada materi struktur atom sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa kelas X SMA di kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 96-104.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Best Seller, Bandung: Alfabeta Bandung.

Sunaengsih, C. & Sunarya, D. T. (2018). Pembelajaran Mikro. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Wening, Kurnia Sari, dkk., 2014, “Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (RPG) Pada Materi Struktur Atom Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Untuk Peserta didik Kelas X SMA di Kabupaten Purworejoâ€, Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 3, No. 2.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Research and Practice of Educational Chemistry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.