Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Integrasi Kebencanaan Pada Pembelajaran Kimia di SMA yang Terdampak Tsunami 2004

Eti Nurjana(1), Nurmalahayati Nurmalahayati(2), Hidayati Oktarani(3), Niki Nurhayani(4*),


(1) Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Aceh, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Aceh, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Aceh, Indonesia
(4) Prodi Tadris Kimia IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Evaluasi implementasi kurikuum 2013 dan integrasi kebencanaan pada pembelajaran kimia di SMA yang terdampak tsunami 2004 di latar belakangi oleh sejauh mana kurikulum 2013 dan kesiapsiagaan bencana diimplementasikan dalam pembelajaran kimia di sekolah tersebut. Hal ini dikarenakan, sekolah memiliki peran penting dalam memberikan pengetahuan dan mitigasi bencana kepada guru dan peserta didik sehingga dapat mengurangi jumlah korban saat bencana terjadi. Permasalahan pada penelitian ini yaitu masih ada sekolah yang fasilitas untuk belajar kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 dan integrasi kebencanaan pada pembelajaran kimia di SMA yang terdampak tsunami 2004. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada 3 validator dan lembar angket yang diberikan kepada Wakil Kurikulum dan guru kimia di 10 sekolah yang terdampak tsunami 2004. Analisis data angket menggunakan persentase. Hasil validasi angket oleh 3 validator yaitu sebesar 94,16% dengan kategori sangat baik. Dan hasil tentang implementasi kurikulum 2013 yaitu sebesar 93,13% dengan kategori sangat baik, serta hasil tentang integrasi kebencanaan yaitu sebesar 58,11% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa SMA yang terdampak Tsunami 2004 telah mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan sangat baik dan mengintegrasikan kebencanaan dalam pembelajaran kimia dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Al-Nashr, M. S. (2015). Integrasi Pendidikan Siaga Bencana Dalam Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah. Magistra, 6(2). hal: 82-101.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Citra.

Hasanah, I, et. al. (2016). “Pengembangan Modul Mitigasi Bencana Berbasis Potensi Lokal yang terintegrasi dalam Pelajaran IPA di SMPâ€. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3). hal: 226-234.

Koswara, A dan Triyono, T. (2011). Panduan Monitoring dan Evaluasi Sekolah Siaga Bencana. Jakarta: LIPI Press.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.

Murwindra, R dan Nofri Y. (2019). “Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Kimia di MA PP Syafa’Aturrasul Teluk Kuantanâ€. JEDCHEM (Journal Aducation and Chemistry) 1(1), hal: 44-55.

Nurcahyanto, G. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains “Pembelajaran Kimia melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) melalui Metode Proyek dan Metode Inquiri Terbimbing Ditinjau dari Kreativitas Siswaâ€. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Nurhaliza, S. (2019). Identifikasi Kesulitan dalam Menyusun RPP Kimia Kurikulum 2013 oleh Guru pada Tingkat Madrasah Aliyah Pidie Jaya. Skripsi. FTK, Pendidikan Kimia, UIN UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Rachmalia, R dan Putri, A. (2012). Pengetahuan Kesiapsiagaan Tsunami Pada Masyarakat Teupah Barat, Kabupaten Simeulue. Idea Nursing Journal, 3(3). hal: 39-49.

Salim, S dan Haidir, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.

Syamsidik, et. al. (2019). Aceh Pasca Lima Belas Tahun Tsunam: Kilas Balik dan Proses Pemulihan. Banda Aceh: Tsunami and Disaster Research Center (TDMRC).

Wagiran, W. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta; Deepublish.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Research and Practice of Educational Chemistry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.