Penggunaan Metode Genogram untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir

Nurhani Fathonah(1*),


(1) SMA Negeri 1 Kertasari, Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada usia remaja, mulai berpikir dan berharap mengenai perkembangan karir di masa yang akan datang, baik karir secara akademik maupun karir dalam hal pekerjaan yang baik dan mampu membanggakan. Pemikiran remaja mengenai masa depan, menjadi salah satu fokus layanan bimbingan dan konseling karir di Sekolah. Layanan bimbingan dan konseling karir di Sekolah salah satunya bertujuan untuk membantu peserta didik memahami, merencanakan serta mengambil keputusan akan kelanjutan karir dalam jangka pendek dan panjang. Untuk menunjang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling karir yang baik, guru bimbingan dan konseling perlu memiliki berbagai layanan dengan berbagai pendekatan, strategi dan teknik yang tepat guna. Strategi bimbingan karir melalui bimbingan klasikal dirasa mampu mengembangkan kemampuan membuat perencanaan karir pada peserta didik kelas XII SMAN 1 Kertasari tahun ajaran 2019-2020. Metode dan teknik yang digunakan yaitu bimbingan karir melalui teknik genogram. Secara konseptual, genogram berarti suatu model grafis yang menggambarkan asal-usul keluarga konseli dalam tiga generasi, yakni generasi dirinya, orang tuanya dan kakek neneknya. Genogram berfungsi untuk menyatakan karakter dari pribadi-pribadi yang terkait atau berarti bagi diri pribadi sendiri. Genogram karir menggunakan silsilah keluarga atau pohon keluarga untuk menawarkan edukasi antara anak dan keluarga, serta memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar bagaimana mengukur dan menganalisis karir keluarga yang dapat berdampak terhadap pilihan dan keputusan keputusan karir bagi dirinya.


Keywords


Genogram; Perencanaan Karir; Remaja.

Full Text:

PDF

References


Adiputra, Sofwan. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling Volume 1 No. 1, Januari 2015 Hlm. 45-56. (Online) diakses tanggal 16 Oktober 2019.

Caryono, Suhas dan Isnaeni Endang. (2014). Upaya Peningkatan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XII IPA di SMA N 8 Purworejo. (Online) diakses tanggal 16 Oktober 2019.

Creswell, John W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4thed). Boston: Pearson Education.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hurlock, E. (1980). Psikolgi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.

Malott, K.M. (2005). Using Genograms to Facilitate Undergraduate Students' Career Development. Career Development Quarterly, 53, hlm. 178-186.

Okiishi, R. (1987). The Genogram As A Tool In Career Counseling.Journal of Counseling and Development, 66, 139-143.

Rahayu, Sinta. (2010). Pengaruh Layanan Genogram Terhadap Kemampuan Perencanaan Karier Siswa. Bandung: Skripsi.

Rahmi, R. S. (2009). Program Bimbingan untuk Meningkatkan Kemampuan Merencanakan Karier Siswa Sekolah Menengah Atas. Bandung: Skripsi.

Sharf, Richard. (1992). Applying Careeer Development Theory to Counseling. California: Brooks/Cole Publishing Company.

Sukmadinata, N S. (2008). Metode Penelitian. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Supriatna, Mamat. (2008). Analisis Genogram Sebagai Alat Konseling Karir. Jurnal Pendidikan Psikologi dan Bimbingan. (Online) diakses tanggal 16 Oktober 2019.

Supriatna, Mamat dan Budiman, Nandang. (2009). Bimbingan Karir di SMA. Bandung: e- Book.

Yusuf, A. M. (2005). Kiat Sukes dalam Karier. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.




DOI: 10.24235/prophetic.v2i2.5814

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com