Implementasi Konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) untuk Mengatasi Trauma pada Korban Bullying
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Artikel ini membahas mengenai implemesntasi pendekatan rational emotive behaviour therapy (REBT) untuk mengatasi trauma pada korban bullying. Pada saat in, maraknya fenomena mengenai kasus bullying, kasus tersebut mengalami peningkatan dari tahun ketahunnya. Hal tersebut tentu berdampak pada keadaan psikologis dari korbannya sehingga dapat mengalami trauma yang dapat muncul berkepanjangan. Trauma yang dialami akibat bullying akan mengakibatkan munculnya rasa cemas, takut, kegelisahan maupun perilaku lainnya. Perlunya mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut agar tidak terganggunya kehidupan efektif sehari-hari individu. Konseling dengan pendekatan REBT sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi trauma pada korban bullying yang dapat meliputi beberapa pemhasan seperti trauma, konsep bullying, dampak perilaku bullying, pandangan manusia melalui pendekatan REBT, tujuan pendekatan REBT, peran konselor, proses konseling, serta implementasi pendekatan REBT untuk mengatasi trauma pada korban bullying dalam konseling.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, M., Sahara, E. R., Rizqina, D. L., & Zuhro’Fitriana, A. Q. (2023). Efektivitas Self Esteem Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Pada Kesehatan Mental Remaja Yatim Di Desa Pulukan, Bali. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 3(2), 289–294.
Ashofa, N. H. (2019). Terapi Realitas untuk Menangani Trauma (Post Traumatic Stress Disorder) pada Korban Bullying di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(1), 86–99.
Bunu, H. Y. (2020). Peran Konseling Krisis dalam Mereduksi Traumatik pada Siswa yang Mengalami Bullying. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(2), 93–109.
Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.
Coloroso, B. (2007). Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.
Corey, G. (2010). Theory and Practice of Group Counseling. Canada: Cole Cangage Learning.
Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. Pedagogia, 17(1), 55–66.
Emilda, E. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207.
Hasan, W. A., Rahman, I. K., & Alim, A. (2019). Pendekatan Rasional Emotive Behavior Therapy (REBT) Islami dengan Terapi Al-Qur’Än. Fikrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 114–126.
Khairat, I., Firman, F., & Neviyarni, N. (2018). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Anak Asuh. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 83–90.
Kristiani, L. N., Saman, A., & Jaya, P. (2022). Efektifitas Pendekatan Rational Emotive Behavioural Therapy Mengatasi Kecemasan Sosial Dengan Teknik Dispute Kognitif di SMK Gamaliel 1 Madiun Jawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 330–336.
Mardiyati, I. (2015). Dampak Trauma Kekerasan dalam Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Psikis Anak. Jurnal Studi Gender Dan Anak, I (2), 26–29.
Masrukoyah, E. (2018). Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Smp Korban Bullying. QUANTA, 2(3), 114–121.
Muarofah, D. (2023). Pendekatan REBT untuk Menurunkan Kecemasan dalam Berinteraksi dengan Orang Baru pada Anak Yatim di Yayasan Majelis Yatim Kota Serang. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Mudhar, M., & Mufidah, E. F. (2023). Pengaruh Penggunaan Pendekatan REBT Dalam Konseling Kelompok Terhadap Hedonisme Siswa Kelas Xi MIA 1 Putri SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 3(1), 14–25.
Nadila, E. Y., Taufik, T., & Syarif, S. (2021). Analisis Konseling Rational-emotive Behavior Therapy dalam Pendidikan. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 99–110.
Ningsih, F. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individual Dengan Pendekatan REBT Untuk Penanganan Trauma Anak Korban Bullying di SMK Negeri 3 Pamekasan. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Novalia, R., & Andayani, S. (2016). Dampak Bullying terhadap Kondisi Psikososial Anak di Perkampungan Sosial Pingit. SKRIPSI: Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Novita Sari, R. (2022). Kematangan Emosi Pada Remaja Korban Bullying Di Yayasan Pondok Pesantren Al-Izza Bungatan Situbondo. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Nurhayati, G. E., & Lauren, V. Y. (2020). Tindakan Bullying dengan Tingkat Kecemasan pada Remaja. Jurnal Sehat Masada, 14(2), 206–217.
Palupi, V. D. (2019). Relationship Between Self Esteem And Attention Of Parents With Trends To Do Bullying. Untag 1945 Surabaya.
Paturrochmah, H. (2020). Rasional Emotif Behavior Therapy (REBT) Islam dalam Menumbuhkan Sikap Mental Positif. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 200–217.
Purwaningrum, S., & Pamungkas, B. (2018). Pengembangan Model Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Siswa Abk Di Sekolah Dasar Inklusif. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(1), 35–39.
Setyowati, W. E., Heppy, D., & Setiani, A. R. (2017). Hubungan Antara Perilaku Bullying (Korban Bullying) Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Remaja SMA. Proceeding Unissula Nursing Conference, No. Nurse Roles in Providing Spiritual Care in Hospital, Academic and Community, 174–179.
Tambunan, S., & Mulkiyan, M. (2021). Strategi Mengatasi Trauma Pada Korban Bullying Melalui Konseling Eksistensial. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 7(2), 214–234.
Utami, S., & Jannati, Z. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Meningkatkan Self-Convidence Andikpas Di LPKA Kelas I Palembang. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 1(3), 584–587.
Wakhid, A., Andriani, N. S., & Saparwati, M. (2019). Perilaku Bullying Siswa Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 25–28.
Walen, S. R., DiGiuseppe, R., & Dryden, W. (1992). A Practitioner’s Guide to Rational-Emotive Therapy. Oxford University Press.
Wiyani, N. A. (2012). Save Our Children From School Bullying (Vol. 129). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wulandari, R. J. (2021). Rational Emotive Behavior Therapy in Reducing of Bullying Behaviour Among Student. Education and Social Sciences Review, 2(2), 43–45.
Yamin, A. (2018). Pencegahan Perilaku Bullying Pada Siswa-siswi SMPN 2 Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 293–295.
Yandri, H. (2014). Peran Guru BK/Konselor dalam Pencegahan Tindakan Bullying di Sekolah. Jurnal Pelangi, 7(1).
Zahroa, N. N., Zakiyah, N. Z., & Zuhro’Fitriana, A. Q. (2023). Upaya Mengatasi Bullying Melalui Pendekatan Rebt (Rational Emotive Behavior Therapy) Terhadap Siswa MTS Kaliwining Rambipuji. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 1(2), 215–219.
Zakiyah, E. Z., Fedryansyah, M., & Gutama, A. S. (2018). Dampak Bullying Pada Tugas Perkembangan Remaja Korban Bullying. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 265–279.
DOI: 10.24235/prophetic.v6i2.16660
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prophetic Indexed By:Â Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Editorial Office:
FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com