Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tri Cahyono(1*),


(1) Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum merdeka belajar banyak menambahkan porsi dalam penguatan karakter. Penguatan karakter tersebut dilakukan melalui kegiatan intrakulikuler yang dimasukkan dalam pembelajaran ditiap mata pelajaran, dan melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Layanan bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam penguatah profil pelajar pancasila. Konselor sekolah bisa ambil bagian dalam penyusunan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) karena memang sejatinya pengembangan karakter murid merupakan bagian dari tugasn dan fungsi layanan bimbingan dan konseling. Selain itu, konselor sekolah juga bisa menyusun program bimbingan dan konseling yang mampu mengambangkan karakter siswa sesuai dengan cita-cita kurikulum merdeka. Termasuk juga menyusun asesmen dalam mengukur seberapa jauh tingkat capaian karakter siswa di sekolah tersebut. Artikel ini mendiskripsikan peran konselor sekolah penerapan kurikulum merdeka belajar. Artikel ini didasarkan pada kajian tentang peran dan fungsi bimbingan dan konseling pada kurikulum merdeka belajar yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.


Keywords


Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling; Kurikulum Merdeka Belajar; Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Gysberg, Norman C & Patricia Henderson, 2012, Developing & Managing Your School Guidance and Counseling Program, Alexandria : American Counseling Asociation

Henderson. Kemendikbud (2014). Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbudristek (2022). Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan

Kemendikbudristek (2022). Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Keputusan Menteri.

Kemendikbudristek (2021). Model Layanan Bimbingan dan Konseling: Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Pusat Kurikulum dan Pembukuan..

Kemendikbudristek (2021). Model Layanan Bimbingan dan Konseling Pusat Keunggulan. Pusat Kurikulum dan Pembukuan.

Kemendikbudristek (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan

Kemendikbudristek (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan

Kemendikbudristek (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMK). Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan

Kemendikbudristek (2020). Pemetaan Capaian Layanan BK Sekolah Menegah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) Berdasrkan SKKPD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Kemendikbudristek (2020). Kerangka Program BK Pada Satuan Pendidikan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan




DOI: 10.24235/prophetic.v5i2.12782

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com