Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Segi Enam Trigonometri (Sentrig) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Naylatul Fadhilah(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode menghafal rumus-rumus matematika masih sering dilakukan siswa sehingga tak sedikit siswa mudah melupakan apa yang telah dihafalnya. Guru sebagai fasilitator sebaiknya memberikan alternatif pembelajaran untuk menghindari hal tersebut. Alat peraga diklaim sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi masalah pembelajaran seperti halnya siswa mudah lupa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga sentrig terhadap hasil belajar matematika siswa. Alat peraga segi enam trigonometri (sentrig) adalah media dan alat bantu pembelajaran materi trigonometri berbentuk bidang datar segi enam yang di setiap titik sudutnya masing-masing mewakili perbandingan trigonometri. Pembuatan alat peraga sentrig ini untuk mempermudah siswa mengingat rumus-rumus dan aturan trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Control-Group-Design Posttest-Only. Populasi penelitian ini berupa siswa kelas X SMAN 8 Kota Cirebon dan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X IPS 4 dan siswa X IPS 5. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata skor respon siswa terhadap penggunaan alat peraga sentrig sebesar 81,65artinya bahwa siswa menerima dan menyukai pembelajaran matematika menggunakan alat peraga sentrig. Respon tersebut memicu hasil belajar yang lebih baik dibanding pembelajaran biasa yang tidak menggunakan alat peraga. Hal ini terlihat dari hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri kelas X IPS 4 sebesar 74,9 dan nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas X IPS 5 sebesar 49,38.Uji hipotesis menyimpulkan adanya pengaruh penggunaan alat peraga sentrig terhadap hasil belajar matematika siswa.

Keywords


Alat peraga sentrig, hasil belajar matematika, trigonometri

Full Text:

PDF

References


Angreni. (2017). Ketersediaan dan Pemanfaat Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA di SD Negeri Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.

Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Harahap, T. H. (2015). Penerapan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal EduTech, 1(1), 1-19.

Izzati, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Geometri Bidang Datar Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2).

Misri, M. A., Zhumni, A. I., & Cirebon, I. S. N. (2013). Pengaruh tingkat berpikir geometri (teori van Hiele) terhadap kemampuan berpikir siswa dalam mengerjakan soal pada materi garis dan sudut. Jurnal Eduma, 2(2), 191.

Misrianti, F., & Sugiatno, H. (2015). Wawancara Klinis Berbantuan Alat Peraga Untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Materi Perbandingan Trigonometri Di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), 3(4), 1-11.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi. Bandung: Tarsito.

Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo).

Sanjaya. 2008 Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.