Profil Penyampaian Materi Matematika, Komunikasi Guru dan Semangat Belajar Siswa

Dede Setiani(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penyampaian materi dan komunikasi guru pada proses pembelajaran mempunyai pengaruh besar terhadap pemahaman siswa dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar serta kemampuan komunikasi guru yang semakin bagus akan meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima penyampaian materi pembelajaran, sehingga siswa akan menjadi semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui profil penyampaian materi matematika oleh guru; 2) mengetahui komunikasi guru matematika selama pembelajaran, dan 3) mengetahui semangat belajar siswa selama pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika, kepala sekolah dan terpilih siswa kelas IX MTs Al-Hidayah Sumbakeling. Instrumen penelitian yang digunakan: 1) lembar observasi kemampuan penyampaian materi dan komunikasi guru matematika, 2) angket semangat belajar siswa, dan 3) pedoman wawancara dengan guru, siswa dan kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa profil penyampaian materi dan komunikasi guru dalam proses pembelajaran di MTs Al-Hidayah Sumbakeling Kabupaten kuningan dilihat dari hasil analisis wawancara dan penilaian observasi yang memperoleh persentase sebesar 85% dengan kualifikasi baik menunjukkan bahwa guru matematika sebagian besar telah melaksanakannya dengan baik dan guru sudah mampu menerapkan bentuk komunikasi dua arah dalam menunjang proses belajar sehingga tercipta proses pembelajaran yang efektif. Semangat belajar matematika siswa kelas IX MTs Al-Hidayah Sumbakeling Kabupaten Kuningan sudah dalam kategori baik, hal tersebut dapat dilihat dari hasil rekapitulasi angket sebesar 74.12%.

Keywords


Profil penyampaian materi matematika, Komunikasi, Semangat Belajar

Full Text:

PDF

References


Fitri, R., Helma, & Syarifuddin, H. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47-54.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lidinillah, D. A. M. (2009). Investigasi Matematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, hlm, 1-13.

Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanti, N. I., & Aini, R. Q. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 6(2), 126-139.

Rahmadhani, Y., Rahmat, A., & Purwianingsih, W. (2016). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Pembelajaran Biologi SMA di Kota Cimahi. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains (Vol. 6, pp. 17-24).

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyono, & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Toheri, T. (2017). Future’s Research in Mathematics Education. Procediamath, 1(1).

Widodo, S., & Kartikasari, K. (2017). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Model Creative Problem Solving (CPS). PRISMA, 6(1).

Yamin, M. (2007). Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.