Perbedaan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Geogebra Berdasarkan Asal Sekolah dan Gender

Yulia Dwi Roshanty(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan siswa menggunakan media pembelajaran Geogebra berdasarkan sekolah asal dan jenis kelamin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat kepuasan siswa untuk menggunakan media pembelajaran Geogebra berdasarkan asal sekolah. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil kepuasan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Geogebra berdasarkan asal SMA diperoleh nilai rata-rata tertinggi dari kelima aspek kepuasan adalah 34,548 dan rata-rata terendah 25,94. Persentase Mean untuk asal sekolah MA dengan tertinggi adalah 32.891 dan terendah 23.898, sedangkan rata-rata untuk nilai asal sekolah kejuruan tertinggi adalah 33.777 dan terendah adalah 25.831. Dan tidak ada perbedaan tingkat kepuasan siswa untuk menggunakan media pembelajaran Geogebra berdasarkan jenis kelamin. Dalam hal ini, dapat dilihat dari rata-rata kepuasan siswa dalam penggunaan media pembelajaran Geogebra berdasarkan jenis kelamin yang diperoleh. Nilai rata-rata pria tertinggi adalah 33.022 dan nilai rata-rata terendah 24, 17. Nilai rata-rata tertinggi. Persentase wanita adalah 34.455 dan terendah 26.276. Karena tidak ada perbedaan kepuasan siswa dalam menggunakan media pembelajaran Geogebra berdasarkan asal sekolah dan jenis kelamin, maka tidak ada yang lebih baik dalam layanan dan kualitas pembelajaran. Dalam hal ini dapat dilihat dari persentase setiap aspek kepuasan siswa yaitu tangibilitas 75,72%, reliabilitas 75,86%, daya tanggap 73,30%, jaminan 74,91% dan empati 71,05% dengan basis rata-rata keseluruhan sebesar hingga 74,17%.

Keywords


Media pembelajaran, Geogebra, asal sekolah, jenis kelamin

Full Text:

PDF

References


Andrian, M. A. (2019). Peran Pengembangan Jenis Kelamin. Academia, 1.

Andriani, P. (2010). Pengaruh Asal Sekolah dan Jurusan Terhadap Hasil Belajar Pengantar Dasar Matematika Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram. Jurnal Beta, Volume 3, No. 2, 127.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Crawford, M., & Unger, R. (1992). Women and Gender (A feminist Physicology). Mc Graw: Hill, Inc.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ekayani, N. L. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. ResearchGate.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (2019). Diambil kembali dari SPMB: http://sc.syekhnurjati.ac.id/spmb

Indonesia, P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia. Cendekia, 6.

Indriani, R., & Nodia, F. (2016, Oktober 5). Suara.com/tekno/sains. Dipetik Juni 9, 2019, dari Suara.com: https://www.suara.com/tekno/2016/10/05/110207/profesor-ini-ungkap-mengapa-matematika-dianggap-sulit

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rahmawati, F. (2004). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Karir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Akuntan Publik. Semarang: Skripsi S-1 Akuntansi UNS.

Sangadji, E. M. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Srinadi, I. A., & Nilakusmawati, D. P. (2008). Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan. Cakrawala Pendidikan.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno, & Retnoningsih, A. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya.

Sukmadinata, N. S. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.

Toheri, Raharjo, H., & Handoko, H. (2018). Fungsi dan Kalkukus Eksplorasi Dengan Geogebra. Cirebon: CV. CONFIDENT.

Wikipedia. (t.thn.). Wikipedia. Dipetik May 26, 2019, dari http://id.m.wikipedia.org

www.Geogebra.org. (t.thn.). Mengenal Geogebra. Dipetik Pebruari 24, 2019, dari http://www.geogebra.org


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.