Analisis Tes Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa dengan Menggunakan Generalized Partial Credit Model (GPCM)
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DePorter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.(terjemahan Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa (Buku asli diterbitkan tahun 1992).
Huriaty, D. (2015). Metode Kalibrasi dan Desain Tes Berdasarkan Teori Respons Butir (IRT). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3).
Kusmanto, H. (2014). Pengaruh Berpikir Kristis Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika (Studi Kasus Di Kelas VII SMP Wahid Hasyim Moga). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).
Retnawati, H. (2011). Mengestimasi Kemampuan Peserta Tes Uraian Matematika dengan Pendekatan Teori Respons Butir dengan Penskoran Politomus dengan Generalized Partial Credit Model. Prosiding Semnas Penelitian Pendidikan dan Penerapan MIPA. UNY.
Lestari, S. (2012). Penerapan Generalized Partial Credit Model dalam Teori Respon Butir untuk Menduga Kemampuan Hasil Tes Uraian (Studi Kasus: Soal Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Kalkulus Tingkat Persiapan Bersama Institut Pertanian Bogor Tahun Ajaran 2011/2012). (Skripsi, FMIPA IPB)
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press
Masitah. (2012). Konstruksi Alat Ukur Integritas dengan Pendekatan Polytomous Item Response Theory: Studi dalam Konteks Pekerjaan. (Tesis, Fakultas Psikologi Program Pascasarjana Universitas Indonesia)
Retnawati, H. (2016). Validitas, Reliabilitas, dan Karakteristik Butir (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometri). Yogyakarta: Parama Publishing
Rofi’ah. (2013). Analisis Kemampuan Penalaran Statistika Siswa dengan Menggunakan Model Logistik 2 Parameter (Studi Kasus di Kelas XI MAN Kota Cirebon). (Skripsi, FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Santoso, W. M. (2016). Ilmu Sosial di Indonesia: Perkembangan dan Tantangan. Yayasan Pustaka Obor
Rajagukguk, W., & Simanjuntak, E. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Terintegrasi ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19(2), 105-111.
Widhiarso, W. (2010). Model Politomi dalam Teori Respons Butir. [online]. Diakses dari http://widhiarso.staff.ugm.ac.id
Article Metrics
Abstract view : 111 timesPDF - 54 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.