Hubungan Statistical Thinking Siswa SMK Kelas XI dengan ARTIST (Assesment Resource Tools for Improving Statistical Thinking)
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui statistical thinking siswa SMK kelas XI dan hubungan statistical thinking siswa dengan indikator-indikator ARTIST (Assesment Resource Tools for Improving Statistical Thinking). Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel di kelas XI AP 4 sebanyak 37 siswa. Rata-rata statistical thinking siswa di kelas XI di SMK Manba’ul ‘Ulum tergolong dalam kategori tinggi dengan persentase rata-rata 84,05%. Dalam indikator pengumpulan data diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 86,89% yang artinya statistical thinking siswa pada indikator ini termasuk kategori tinggi. Selanjutnya untuk indikator ukuran pemusatan data diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 81,35% yang artinya statistical thinking siswa pada indikator ini termasuk kategori tingggi. Kemudian dalam indikator ukuran penyebaran data diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 90,63% yang artinya statistical thinking siswa pada indikator ini termasuk kategori tinggi. Untuk indikator penyajian data diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 77,38% yang artinya statistical thinking siswa pada indikator ini termasuk kategori tingggi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa statistical thinking siswa tergolong dalam kategori tinggi. Uji koefisien korelasi diketahui bahwa N atau jumlah data responden adalah 37 siswa, kemudian nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,172, maka terima H0 dan tolak Ha karena nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi atau 0,172 > 0,05. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara statistical thinking dengan indikator-indikator ARTIST. Kemudian diketahui bahwa koefisien korelasi sebesar 0,229, nilai ini menandakan bahwa indikator-indikator ARTIST berkorelasi positif terhadap statistical thinking. Hasil perhitungan uji koefisien determinasi diketahui bahwa 5,3% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh indikator ARTIST dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Keywords
Statistical thinking; ARTIST (Assesment Resource Tools for Improving Statistical Thinking)
Full Text:
PDFReferences
Djauhari, M. A. (2007). Statistik: Salah Satu Indikator Utama Peradaban. Jurnal Sosioteknologi, 6(10), 174-182.
Nasehuddien , T., & Manfaat, B. (2016). Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Cirebon: Eduvision.
Suriasumantri, S. (2003). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Waru, M. V., & Minggi, I. (2015). Deskripsi Persepsi Tentang Statistika Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Berpikir Statistis (Statistical Thinking) Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 70-77.
Article Metrics
Abstract view : 55 timesPDF - 24 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.