Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Melalui Pendekatan Learning Community Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe talking chips melalui pendekatan learning community terhadap hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran ini di uji cobakan pada siswa di SMA Negeri 1 Kadugede menggunakan kelas eksperimen yaitu kelas X MIPA 2 sebanyak 35 siswa dengan rancangan one group Pre-Test-Post-Test design. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan angket. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan hasil  (1) respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking chips melalui pendekatan learning community berada dalam kriteria baik dengan prosentase 81,54%, (2) rasa tanggung jawab siswa pada pembelajaran kooperatif tipe talking chips melalui pendekatan learning community setiap pertemuannya mengalami peningkatan (3) Adanya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe talking chips melalui pendekatan learning community terhadap hasil belajar matematika siswa. Adapun persamaan regresinya yaitu Y = 0,682 + 0,003 X dengan X menyatakan pembelajaran kooperatif tipe talking chips melalui pendekatan learning community dan Y menyatakan hasil belajar matematika siswa.
Keywords
Pembelajaran kooperatif; Talking Chips; learning community; hasil belajar matematika
Full Text:
PDFReferences
Winarso, W. (2014). Problem solving, creativity dan decision making dalam pembelajaran matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view : 36 timesPDF - 21 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.