PERANAN KOMUNITAS RUANG EDIT (RE) DALAM MENGEMBANGKAN DIGITALISASI DAKWAH DI MEDIA SOSIAL

Lita Liqiyanah Kurrotu Aini(1*), Abd Basit(2), Abdu Zikrillah(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat kehidupan manusia kini tidak terlepas dari bantuan teknologi, termasuk dakwah. Di era modern ini, dakwah digital lebih dinilai efisiens, karena dapat mudah dijangkau oleh siapapun di media sosial. Oleh karena Komunitas Ruang Edit memberikan wadah bagi pengembangan digitalisasi dakwah di media sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah, 1) Digitalisasi dakwah komunitas RE dikelola dan dikembangkan oleh tim ODOS (One Day One Story), 2) Peran yang diberikan oleh Komunitas RE dalam mengembangkan digitalisasi dakwah ialah a. Menentukan tema poster dakwah, b. membuat poster dakwah digital, c. melakukan pengoreksian, c. melakukan publikasi di Instagram Story @ruang_edit 2). Strategi yang dilakukannya ialah a. melakukan pelatihan desain grafis, b. membuat konten yang berkualitas dan relevan, c. menciptakan inovasi secara berkala.


Keywords


Digitalisasi Dakwah; Media Sosial; Komunitas RE; Poster Dakwah

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Tanzeh, and Suyitno. 2006. Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: ELKAF.

Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. 2023. “Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.†Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3 (1): 1–9. https://doi.org/DOI: 10.47709/jpsk.v3i01.1951.

Fadlullah, Muhammad Husain. 1997. Metodologi Dakwah Dalam Al-Qur An. Jakarta: Lentera.

Muriah, Siti. 2000. Metodologi Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Ritonga, Muslimin. 2019. “Komunikasi Dakwah Zaman Milenial.†Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI) 3 (1): 60–77. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JKPI/article/view/4263.

Rohman, Dudung Abdul. 2019. “Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial.†Tatar Pasundan Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung 13 (2): 121–33. https://media.neliti.com/media/publications/299535-komunikasi-dakwah-melalui-media-sosial-b30ad3da.pdf.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukayat, Tata. 2009. Quantum Dakwah. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Syukur, Abdul, and Agus Hermanto. 2021. Dakwah Di Era Digital (Dakwah Moderat). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Wahyuningsih, Sri. 2015. Desain Komunikasi Visual. Madura: UTM PRESS.

Walidin, Warul, Saifullah Idris, and Tabrani. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.




DOI: 10.24235/orasi.v15i1.17261

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â