TREN KONTEN DAKWAH DIGITAL OLEH CONTENT CREATOR MILENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DI ERA PANDEMI COVID-19
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, Samsul Munir. 2008. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
Annur, Cindy Mutia. 2020. “Pengguna Tiktok Naik 20% Selama Pandemi, Terbanyak Konten Edukasi.” Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/ekarina/digital/5ec2245aa8bc7/pengguna-tiktok-naik-20-selama-pandemi-terbanyak-konten-edukasi.
Ayuningtyas, Riska Sepriani. 2020. “Resistensi Jobi Adhiguna Atas Wacana Diskursus Masyarakat Mengenai Gender (Analisis Isi Kualitatif Video Blog Jovi Adhiguna Hunter Pada Channel Youtube).” Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Aziz, M. A. 2019. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media.
Budiansyah, Arif. 2020. “Deretan Fitur TikTok Yang Wajib Kamu Coba, Simak Nih!” CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200221163748-37-139654/deretan-fitur-tiktok-yang-wajib-kamu-coba-simak-nih.
daon001. 2018. “Ini Penyebab Kominfo Putuskan Blokir Tik Tok.” Kominfo. https://kominfo.go.id/content/detail/13331/ini-penyebab-kominfo-putuskan-blokir-tik-tok/0/sorotan_media.
Fahrurrozi. 2017. Model-Model Dakwah Di Era Kontemporer. Mataram: LP2M UIN Mataram.
Frick, T. 2013. Return On engagement: content, Strategy And Design Techniques For Digital Marketing. England: Taylor & Francis.
Habibi, M. 2018. “Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era milenial.” Al-Hikmah: Jurnal Dakwah 12 (1): 101–16.
Haryatmoko. 2011. Etika Komunikasi. Yogyakarta: Kanisius.
Hayes, Clare, Katherine Stott, Katie J Lamb, and Glenn A Hurst. 2020. “‘Making Every Second Count’: Utilizing TikTok and Systems Thinking to Facilitate Scientific Public engagement and Contextualization of Chemistry at Home.” Journal of Chemical Education 97 (10). American Chemical Society: 3858–66. doi:10.1021/acs.jchemed.0c00511.
Hikmawati, Sholihatul Atik, and Luluk Farida. 2021. “Pemanfaatan Media Tik Tok Sebagai Media Dakwah Bagi Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang.” AL-ITTISHOL: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 2 (1).
Indrawan, Jerry, Efriza, and Anwar Ilmar. 2020. “Kehadiran Media Baru (new media) Dalam Proses Komunikasi Politik.” Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau 8 (1).
Jailani. 2020. “Optimalisasi Dakwah Digital Bagi Kaum milenial.” Terbuireng.Online. https://tebuireng.online/optimalisasi-dakwah-digital-bagi-kaum-milenial/.
Kapoor, K. K., K. Tamilmani, N. P. Rana, P. Patil, Y. K. Dwivedi, and S. Nerur. 2018. “Advances In Social Media Research: Past, Present And Future.” Information Systems Frontiers 20 (3): 531–58.
Kholilie, Gus Muhammad Ismael Al. 2020. “Dakwah Tiktok.” Jaringansantri.Com. https://jaringansantri.com/dakwah-tiktok/.
Kumparan. 2020. “Ini Asal Muasal TikTok Yang Kini Mendunia.” Kumparan.Com. https://kumparan.com/berita-hari-ini/ini-asal-muasal-tiktok-yang-kini-mendunia-1ss18QadAEN#:~:text=Berasal dari Aplikasi Douyin&text=Pada September 2016%2C perusahaan asal,aplikasi video pendek bernama Douyin.&text=Akibat meroketnya popularitas%2C Douyin melakukan,yang lebih eyecatching%2C yakni TikTok.
Mahanani, P. A. 2015. “Relasi Facebook Dengan Budaya Pop Dalam Perspektif Cultural Studies.” Dialogia 13 (1): 79–88.
Mayring, Philip. 2019. “Qualitative content Analysis Demarcation, Varieties, and Development.” Journal Forum Qualitative Social Research 20 (3): 63.
Muhaemin, E. 2017. “Dakwah Digital Akademisi Dakwah.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 11 (2): 341–56. doi:https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i2.1906.
Norhabiba, Fitri, and Sukma Ari Ragil Putri. 2018. “Hubungan Intensitas Akses Media Baru Dan Kualitas Interaksi Lingkungan Sekitar Pada Mahasiswa Untag Surabaya.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 7 (1): 8–15. doi:https://doi.org/10.14710/interaksi.7.1.8-15.
Pardianto, P. 2013. “Meneguhkan Dakwah Melalui new media.” Jurnal Komunikasi Islam 3 (1).
Qadaruddin, M. 2019. “Strategi Dakwah Dalam Merawat Pluralitas Di Kalangan Remaja.” Strategi Dakwah Dalam Merawat Pluralitas Di Kalangan Remaja 19 (2): 177–98.
Rakhmayanti, Intan. 2020. “Pengguna TikTok DiIndonesia Didominasi Generasi Z Dan Y.” Tekno.Sindonews.Com. https://tekno.sindonews.com/berita/1523692/207/pengguna-tiktok-di-indonesia-didominasi-generasi-z-dan-y.
Rustandi, R., and S Sahidin. 2019. “Analisis Historis Manajemen Dakwah Rosulullah Saw Dalam Piagam Madinah.” Tamaddun: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam 7 (2): 362–87. doi:10.24235/tamaddun.v7i2.5503.
Wibowo, A. 2019. “Penggunaan Media Sosial Sebagai tren Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital.” Jurnal Islam Nusantara 3 (2): 339–56.
Widyananda, Rakha Fahreza. 2020. “10 Macam Media Sosial Yang Paling Sering Digunakan Oleh Orang Indonesia.” Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jatim/10-macam-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-oleh-orang-indonesia-kln.html.
DOI: 10.24235/orasi.v12i1.7936
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Orasi indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.