TREN KONTEN DAKWAH DIGITAL OLEH CONTENT CREATOR MILENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DI ERA PANDEMI COVID-19

Dessy Kushardiyanti(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


New media merupakan media komunikasi digital akibat perkembangan internet yang melibatkan banyak audiens, lebih interaktif, akses informasi lebih cepat dan lebih mudah bagi penggunanya. TikTok merupakan salah satu sosial media daring dan juga bentuk konkrit dari new media. Perkembangan new media tidak dapat dipungkiri juga menuntut para pendakwah dalam menguasai teknis dalam penyampaian ilmu keagamaan. Penelitian ini menyusuri dan menganalisis konten (content Analysis) pada sosial media TikTok untuk melihat rangkaian strategi konten dari beberapa content creator dakwah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis konten di masing-masing content creator  dakwah terlibat. Hasil penelitian menyebutkan peran sosial media ditinjau dari analisis isi memberikan dampak terhadap engagement berupa like, view, dan keterlibatan pengguna TikTok dalam konten dakwah. Konten yang dibuat dari masing-masing content creator ditinjau dari materi dakwah, teknik penyampaian, rata-rata unggahan tiap bulan dan penggunaan hashtag populer dari beberapa content creator menunjukan secara teknis dalam pembuatannya masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri sehingga dapat diingat oleh pengikutnya. Penelitian ini dapat menjadi pertimbangan dan rujukan teknis bagi para milenial hingga para da’i untuk ikut terlibat dalam penyampaian dakwah melalui media sosial yang kini banyak dijadikan tren selama pandemi Covid-19.

Keywords


Analisis Konten, Dakwah, TikTok, Engagement, Content Creator

Full Text:

PDF

References


Amin, Samsul Munir. 2008. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.

Annur, Cindy Mutia. 2020. “Pengguna Tiktok Naik 20% Selama Pandemi, Terbanyak Konten Edukasi.” Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/ekarina/digital/5ec2245aa8bc7/pengguna-tiktok-naik-20-selama-pandemi-terbanyak-konten-edukasi.

Ayuningtyas, Riska Sepriani. 2020. “Resistensi Jobi Adhiguna Atas Wacana Diskursus Masyarakat Mengenai Gender (Analisis Isi Kualitatif Video Blog Jovi Adhiguna Hunter Pada Channel Youtube).” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aziz, M. A. 2019. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media.

Budiansyah, Arif. 2020. “Deretan Fitur TikTok Yang Wajib Kamu Coba, Simak Nih!” CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200221163748-37-139654/deretan-fitur-tiktok-yang-wajib-kamu-coba-simak-nih.

daon001. 2018. “Ini Penyebab Kominfo Putuskan Blokir Tik Tok.” Kominfo. https://kominfo.go.id/content/detail/13331/ini-penyebab-kominfo-putuskan-blokir-tik-tok/0/sorotan_media.

Fahrurrozi. 2017. Model-Model Dakwah Di Era Kontemporer. Mataram: LP2M UIN Mataram.

Frick, T. 2013. Return On engagement: content, Strategy And Design Techniques For Digital Marketing. England: Taylor & Francis.

Habibi, M. 2018. “Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era milenial.” Al-Hikmah: Jurnal Dakwah 12 (1): 101–16.

Haryatmoko. 2011. Etika Komunikasi. Yogyakarta: Kanisius.

Hayes, Clare, Katherine Stott, Katie J Lamb, and Glenn A Hurst. 2020. “‘Making Every Second Count’: Utilizing TikTok and Systems Thinking to Facilitate Scientific Public engagement and Contextualization of Chemistry at Home.” Journal of Chemical Education 97 (10). American Chemical Society: 3858–66. doi:10.1021/acs.jchemed.0c00511.

Hikmawati, Sholihatul Atik, and Luluk Farida. 2021. “Pemanfaatan Media Tik Tok Sebagai Media Dakwah Bagi Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang.” AL-ITTISHOL: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 2 (1).

Indrawan, Jerry, Efriza, and Anwar Ilmar. 2020. “Kehadiran Media Baru (new media) Dalam Proses Komunikasi Politik.” Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau 8 (1).

Jailani. 2020. “Optimalisasi Dakwah Digital Bagi Kaum milenial.” Terbuireng.Online. https://tebuireng.online/optimalisasi-dakwah-digital-bagi-kaum-milenial/.

Kapoor, K. K., K. Tamilmani, N. P. Rana, P. Patil, Y. K. Dwivedi, and S. Nerur. 2018. “Advances In Social Media Research: Past, Present And Future.” Information Systems Frontiers 20 (3): 531–58.

Kholilie, Gus Muhammad Ismael Al. 2020. “Dakwah Tiktok.” Jaringansantri.Com. https://jaringansantri.com/dakwah-tiktok/.

Kumparan. 2020. “Ini Asal Muasal TikTok Yang Kini Mendunia.” Kumparan.Com. https://kumparan.com/berita-hari-ini/ini-asal-muasal-tiktok-yang-kini-mendunia-1ss18QadAEN#:~:text=Berasal dari Aplikasi Douyin&text=Pada September 2016%2C perusahaan asal,aplikasi video pendek bernama Douyin.&text=Akibat meroketnya popularitas%2C Douyin melakukan,yang lebih eyecatching%2C yakni TikTok.

Mahanani, P. A. 2015. “Relasi Facebook Dengan Budaya Pop Dalam Perspektif Cultural Studies.” Dialogia 13 (1): 79–88.

Mayring, Philip. 2019. “Qualitative content Analysis Demarcation, Varieties, and Development.” Journal Forum Qualitative Social Research 20 (3): 63.

Muhaemin, E. 2017. “Dakwah Digital Akademisi Dakwah.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 11 (2): 341–56. doi:https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i2.1906.

Norhabiba, Fitri, and Sukma Ari Ragil Putri. 2018. “Hubungan Intensitas Akses Media Baru Dan Kualitas Interaksi Lingkungan Sekitar Pada Mahasiswa Untag Surabaya.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 7 (1): 8–15. doi:https://doi.org/10.14710/interaksi.7.1.8-15.

Pardianto, P. 2013. “Meneguhkan Dakwah Melalui new media.” Jurnal Komunikasi Islam 3 (1).

Qadaruddin, M. 2019. “Strategi Dakwah Dalam Merawat Pluralitas Di Kalangan Remaja.” Strategi Dakwah Dalam Merawat Pluralitas Di Kalangan Remaja 19 (2): 177–98.

Rakhmayanti, Intan. 2020. “Pengguna TikTok DiIndonesia Didominasi Generasi Z Dan Y.” Tekno.Sindonews.Com. https://tekno.sindonews.com/berita/1523692/207/pengguna-tiktok-di-indonesia-didominasi-generasi-z-dan-y.

Rustandi, R., and S Sahidin. 2019. “Analisis Historis Manajemen Dakwah Rosulullah Saw Dalam Piagam Madinah.” Tamaddun: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam 7 (2): 362–87. doi:10.24235/tamaddun.v7i2.5503.

Wibowo, A. 2019. “Penggunaan Media Sosial Sebagai tren Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital.” Jurnal Islam Nusantara 3 (2): 339–56.

Widyananda, Rakha Fahreza. 2020. “10 Macam Media Sosial Yang Paling Sering Digunakan Oleh Orang Indonesia.” Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jatim/10-macam-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-oleh-orang-indonesia-kln.html.




DOI: 10.24235/orasi.v12i1.7936

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.