PROMOSI PRODUK DI ERA DIGITALISASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT BERUMRAH PADA BIRO HAJAR ASWAD MUBAROQ SURAKARTA

Kristy Andriyani(1), ade yuliar(2*), Muhammad Raqib(3),


(1) 
(2) IAIN Surakarta
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era digitalisasi ini penggunaan sosial media yang berkembang sangat pesat memudahkan setiap orang dapat berkomunikasi dimana saja tanpa batasan tempat dan waktu. Berbagai sosial media seperti instagram, facebook, whatssApp selain sebagai media komunikasi dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Banyak kalangan usaha seperti pada biro umrah dengan cara memanfaatkan sosial media untuk promosi produk dan jasa dengan membuat promosi yang kreatif dan unik. Karena dengan adanya sosial media di era digitalisasi ini komunikasi jauh lebih mudah dan dapat dijangkau dengan cepat oleh seluruh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi produk di era digitalisasi terhadap minat masyarakat untuk umrah di Biro Hajar Aswad Mubaroq Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah jamaah Biro Hajar Aswad Mubaroq Surakarta yang telah menggunakan jasa produk umrah. Penelitian ini menggunakan data primer berupa angket dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi produk di era digitalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat untuk umrah di Biro Hajar Aswad Mubaroq Surakarta. Dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai t hitung 11,363 > t tabel 1,658 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Keywords


Promosi Produk, Digitalisasi, Minat Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Ahmad, T. (2009). Pengantar Metode Penelitian (N. Ngainun, Ed.). Yogyakarta: Teras.

Aklani, S. A. (2016). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Media Promosi Mahasiswa Pada Matakuliah Kewirausahaan di Universitas Internasional Batam. 23–24.

Arifin, E., & Fachrodji, A. (2015). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles Di Jakarta Selatan. MIX, V(1), 124–143.

Artitis, U. (2009). Proyek Digitalisasi Naskah dan Skripsi Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia: Sebuah Evaluasi Perencanaan dan Pelaksanaan. Universitas Indonesia.

Djaman, L. S. (2019). UU No 8 Tahun 2019. (004251).

Fajar. (2019). Wawancara promosi produk era digital. Surakarta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit- Undip.

Gunaryo, A. (2018). PMA NO 8 TAHUN 2018. 1–26.

Irawan, Wijaya, F., & Sudjoni. (2001). Pemasaran Prinsip dan Kasus. Yogyakarta.

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang ). Administrasi Bisnis, 21(1).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles Of Marketing. New Jersey: Prentice-Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Indonesia: PT Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New Jersey: Pearson Education.

Lamazido, M. azi. (2016). Strategi Promosi Jasa Perjalanan Haji Dan Umrah Melalui Media Website. UIN Walisongo Semarang.

Lancarya, P. (2016). Pengaruh Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Lynna. (2019). Mengulas Trend Digital Marketing Tahun 2019. Retrieved from https://www.kompasiana.com/lynna123/5e0b087e097f3675ff2ebc52/mengulas-trend-digital-marketing-tahun-2019

Nangoy, S., Mandey, S. L., & Kawet, L. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Matahari Departemen Store Manado (Studi Kasus Di Matahari Departemen Store Manado Town Scuare). Jurnal Ilmiah Society, 456é ã€453é ã€603é .

Safira, N. P. (2018). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Baru dalam Usaha Kuliner. Retrieved from https://www.kompasiana.com/putrynadiasafira3957/5b4df89f6ddcae2eb669c112/media-sosial-sebagai-media-promosi-baru-dalam-usaha-kuliner?page=2

Santoso, P. Y. (2018). Transformasi Integrated Marketing Communication Di Era Digital. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1, 313–326.

Saraswati, N. (2016). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Muamalat KCP Magelang. UIN Walisongo.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. 2(April).

Sholihin, M. R., Arianto, W., & Khasanah, D. F. (2018). Keunggulan Sosial Media Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Dugital Di Indonesia.

Sugiono, D. (2018). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumarna. (2006). Elektronika Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tasya, F. (2016). Implementasi Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umroh Pada PT. Al-Amin Universal Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wijayanti, I. T. (2014). Pengaruh Minat Masyarakat Memilih Biro Perjalanan Umroh Disaat Maraknya Kasus Penipuan Berkedok Umroh. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.




DOI: 10.24235/orasi.v12i1.7924

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â