PERAN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DINAS KOPERASI, UKM, PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN INDRAMAYU DALAM MEMBERDAYAKAN UMKM DI INDRAMAYU
(1) UIN Walisongo Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Muhammad Fikri, Erwin Putubasai, and Asmaria Asmaria. 2019. “Peran Komunikasi Dalam Pembangunan Masyarakat.†Komunika 2 (2): 111–27.
Cangara, Hafied. 2020. Komunikasi Pembangunan: Telaah Untuk Memahami Konsep, Filosofi, Serta Peran Komunikasi Terhadap Pembangunan Dan Pembangunan Komunikasi Dalam Era Digital. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Indramayu. 2019. “Rencana Kerja (RENJA) Perubahan DISKOPDAGIN Tahun 2019.†2019. http://diskoperindag.indramayukab.go.id/renja-perubahan-2019-diskopdagin/.
Flor, Ila Virginia Ongkiko dan Alexander G. 2006. Introduction to Development Communication. Philippines: UP Open University.
Harahap, Erni Febrina, Luviana Luviana, and Nurul Huda. 2020. “Tinjauan Defisit Fiskal, Ekspor, Impor Dan Jumlah Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.†Jurnal Benefita 5 (2): 151–61.
Jones, Peter, Martin Wynn, David Hillier, and Daphne Comfort. 2017. “The Sustainable Development Goals and Information and Communication Technologies.†Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management 1 (1): 1–15.
Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia. “Apa Itu SDGs?†Accessed December 21, 2020. http://sdgs.bappenas.go.id/.
Martini, Tini. 2017. “Kompetensi Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) Kota Bandung Dalam Mengahadapi Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).†Jurnal Penelitian Pendidikan 17 (3): 220–35.
Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purba, Giovanni Malemta. 2018. “PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MEMBERDAYAKAN UMKM DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS KAMPUNG BATIK KOTA SEMARANG).†Journal of Politic and Government Studies 7 (4): 191–200.
Putri, Diana. 2018. “Strategi Komunikasi Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Kota Pekanbaru Dalam Memberdayakan Kelompok UMKM Melalui Program Klinik Konsultasi Bisnis Di Kota Pekanbaru.†JOM FISIP 5 (2): 1–14.
Ramadhani, Rizky Wulan, and Edy Prihantoro. 2020. “Strategi Komunikasi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Dalam Menerapkan Nawacita Dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Development Communication Strategy by Bojonegoro District Government on Applying Nawacita and Sustainable Development Goals†18 (2): 117–27.
Sari, Dewi Yunita, Darsanto Darsanto, and Isamail Ismail. 2020. “RANCANG BANGUN SISTEM E-MARKETING DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM (USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH) DI KABUPATEN INDRAMAYU.†Gema Wiralodra 11 (2): 221–32.
Sharma, Ashish, and Deepak Uniyal. 2016. “Develoment Communication: The Role of Mass Media and Its Apprach.†Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR) 2 (11): 906–13.
Soleh, Chabib. 2014. Dialektika Pembangunan Dengan Pemberdayaan. Bandung: FOKUSMEDIA.
Suci, Yuli Rahmini, Sekolah Tinggi, and Ilmu Ekonomi. 2017. “PERKEMBANGAN UMKM ( USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ) DI INDONESIA†6 (1): 51–58.
Sunariani, Ni Nyoman, A A N Oka Suryadinatha Gorda, and Ida I D M Rai Mahaputra. 2017. “Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Melalui Program Binaan Di Provinsi Bali.†Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 2 (1): 221–36.
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Turistiati, Ade Tuti, and Universitas Amikom Purwokerto. 2020. “Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Mensosialisasikan Dan Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,†no. February 2016.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah.
DOI: 10.24235/orasi.v12i1.7634
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Orasi indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.