KONFLIK IDENTITAS NEGOSIASI MUKA MAHASISWA ISLAM DALAM PEMANFATAN SOSIAL MEDIA UNTUK DAKWAH

Umaimah Wahid(1*), Saeno Saeno(2), Rini Lestari(3), Suwarno Suwarno(4), Amin Aminudin(5),


(1) Universitas Budi Luhur
(2) Universitas Budi Luhur
(3) Universitas Budi Luhur
(4) Universitas Budi Luhur
(5) Universitas Budi Luhur
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengguna media baru dan media sosial terus bertambah di Indonesia, namun faktanya pertumbuhan pengguna media sosial tidak berbanding lurus pemanfaatannya untuk aktivitas dakwah. Fokus masalah penelitian adalah konflik identitas mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatulah Jakarta dan UIN Sunan Gunung Jati dalam memanfaatkan media sosial untuk aktivitas dakwah. Penelitian ini menggunakan teori negosiasi muka Stella Sting-Toomey, konsep media sosial, dan paradigma baru dakwah. Pendekatan kualitatif dan metode studi kasus tipe kasus tunggal holistik digunakan dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui teknik wawancara dan obsevasi. Hasil penelitian menjelaskan, mahasiswa cenderung tidak tertarik menggunakan media sosial untuk aktivitas dakwah karena kekhawatiran munculnya konflik dalam interaksi online karena akan merusak citra mereka. Mereka juga dapat dinilai atau dicap sebagai orang yang sok alim, sok suci bahkan fundamentalis dan teroris. Mereka adalah pengguna aktif media sosial dan media baru bahkan beberapa di antaranya memiliki akun media sosial lebih dari 5 jenis dan menghabiskan waktu berselancar di media sosial selama 2,5 sampai 5 jam dalam satu hari. Di sisi lain pemanfaatan media baru dan media sosial untuk dakwah Islam mendesak diadopsi karena masyarakat muslim terutama kaum muda merupakan pengguna media sosial aktif. Hal tersebut sebagai solusi agar dakwah Islam tidak ditinggal oleh umatnya harus dilakukan melalui media sosial dan media baru sebagai bentuk baru berdakwah di era internet.


Keywords


Konflik Identitas, Media Media, Dakwah, Teori Negosiasi Muka, Mahasiswa KPI-UIN.

Full Text:

PDF

References


Drakel, W. J., Pratiknjo, M. H., & Mulianti, T. (2018). Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Sosial di Universitas SAM Ratulangi Manado. Holistik, 21.

Hidayat, D. (2014). Social and Cultural Identity Pendekatan Face Negotation Theory dan Public Relations Multikulturalism Negara Jerman-China dan Indonesia. Jurnal ASPIKOM, 2(2), 115–126.

Indreswari, E. P., Purwasito, A., & Satyawan, A. (2020). The Concept of Welas Asih Through Face Negotiation as Intercultural Competence. International Journal of Indonesian Society and Culture, 12(1), 77–85. https://doi.org/10.15294/komunitas.v12i1.22094

Kosasih, E. (2019). Literasi Media Sosial dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama Social Media Literacy on Socializing Religous Moderate Action. Jurnal Bimas Islam, 12(1).

Kusnandar, V. B. (2019). Indonesia, Negara dengan Penduduk Muslim Terbesar Dunia _ Databoks.

Littlejohn, S. W., & Karen, A. F. (2009). “Theories of Human Communication. Salemba Humanika.

Maryani, E. (2011). Media dan Perubahan Sosial. Rosdakarya.

McQuail, D. (2012). Teori Komunikasi Masa Mcquail Buku 1 (1st ed.). Salemba Humanika.

Meilinda, N. (2018). SOCIAL MEDIA ON CAMPUS : Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik Pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. The Journal of Society & Media, 2(1), 53–64.

Mulawarman, & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi,. Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, Rulli. (2011). KONSTRUKSI IDENTITAS MUSLIM DI MEDIA BARU Rulli Nasrullah. Komunika, 5(2), 221–234.

Noviyanto. (2016). Data Pertumbuhan Pengguna Sosial Media di Indonesia _ KoinWorks Blog. Koin Works.Com. https://koinworks.com/blog/data-pertumbuhan-pengguna-sosial-media-di-indonesia/

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.

Salim, A. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Tiara Wacana.

Suryaningsih, A. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Wahana Didaktika, 17(3), 335–344.

Toomey, S. T.-. (2017). Conflict Management and Intercultural Communication. Routledge.

Wahid, U. (2016). Komunikasi Politik; Teori; Konsep; dan Aplikasi di Era Media Baru. Simbiosa Rekatama Media.

Wahid, U., & Usino, W. (n.d.). Political Communication and Social Change of Acehnese Society in Internet Era.

Wirawan. (2010). Konflik dan Manajemen Konflik, Teori, Aplikasi dan Penelitian. Salemba Humanika.

Yahya. (2020). Data Populasi Penduduk Muslim 2020_ Indonesia Terbesar di Dunia - IBTimes. Ibtimes.Id.

Yin, R. K. (2012). Studi Kasus Desain & Metode. Raja Grafindo.

Yona, S. (2006). Penyusunan studi kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(2), 76–80.

Yuliati, R. (2014). Perilaku Penyelamatan Muka Pada Sosial Media. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2014, November, 41–46.

Zhang, Q., Ting-toomey, S., & Oetzel, J. G. (2014). Linking Emotion to the Conflict Face-Negotiation Theory : A U . S .– China Investigation of the Mediating Effects of Anger , Compassion , and Guilt. 40, 373–395. https://doi.org/10.1111/hcre.12029




DOI: 10.24235/orasi.v12i1.7343

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â