SOCIAL NETWORK ANALYSIS TERHADAP KOMUNIKASI POLITIK PEREMPUAN DI TWITTER

Fardan Mahmudatul Imamah(1*),


(1) IAIN Tulungagung
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Komunikasi politik perempuan sering dalam berbagai kajian ditunjukkan dalam bentuk partisipasi perempuan di medan politik praktis. Sedikit di antara kajian tersebut yang menempatkan komunikasi politik sebagai proses bargaining politik perempuan melalui gerakan yang disiplin dan militan. Dengan adanya media sosial, komunikasi politik tidak lagi dilakukan secara konvensional, begitu juga partisipasi warganegara, termasuk di antara para perempuan yang memberikan dukungan secara agresif kepada kandidat yang didukungnya melalui Twitter. Hashtag #ThePowerOfEmakEmak dan gerakan mobilisasi perempuan Pepes merupakan kasus yang tepat untuk menunjukkan bahwa tanpa partai atau keterlibatan langsung dalam sistem politik praktis, mereka mampu mewarnai wacana politik selama proses Pemilihan Presiden 2019 di Indonesia. Hal itu dapat dilihat melalui peran influencer dalam mengelola sentimen publik dan konstruksi wacana politik perempuan terhadap isu the power of emak emak. Dengan menggunakan Social Network Analysis (SNA), penelitian ini mengungkapkan bahwa hashtag #ThePowerOfEmakEmak selain sebagai upaya untuk pengelolaan sentimen publik di mana komunikasi politik dikontruksi, tetapi juga mampu menarik isu perekonomian rumah tangga menjadi isu nasional. Meskipun dalam beberapa aspek menjadi kurang efektif karena keterbatasan penggunanya hanya kepada lingkarannya sendiri. Selain itu, motivasi politik memiliki kecenderungan kepada kepentingan kelompok tertentu dibanding motif yang lebih politis untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi.

Keywords


Social Network Analysis, Komunikasi Politik Perempuan, The Power Of Emak Emak

Full Text:

PDF

References


Akbar, Raden Jihad, Eka Permadi, and Dinia Adrianjara. 2018. “Alasan Prabowo-Sandi Lirik The Power of Emak-Emak.” Www.Viva.Co.Id, 2018. https://www.viva.co.id/berita/politik/1063839-alasan-prabowo-sandi-lirik-the-power-of-emak-emak.

Aswi, Rizki R, and Wing Wahyu Winarto. 2015. “Analisis Pemanfaatan Jejaring Sosial Untuk Penentuan Konsentrasi Mahasiswa Dengan Metode Social Network Analysis.” Telematika 18 (2).

Badan Pusat Statistik. 2016. Statistik Politik 2016. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

bbc.com. 2019. “Hasil Sidang MK: Hakim Menolak Seluruh Gugatan Permohonan Prabowo-Sandiaga.” Bbc.Com. 2019. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-48782425 .

Bitzer, Lloyd F. 1981. Political Rhetoric. In Handboo. Beverly Hills: Sage.

cnnindonesia.com. 2018. “Sandiaga, Bisikan SBY Dan ‘The Power of Emak-Emak.’” Cnnindonesia.Com. 2018. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180815074634-32-322363/sandiaga-bisikan-sby-dan-the-power-of-emak-emak.

E.Denton, Robert, and Jim Kuypers. 2008. Politics and Communication in America. Long Grove: Waveland Press.

Erwanda, Farudi, Adiwijaya, and Gia Septiana. 2014. “Implementasi Hubs Dan Authorities Centrality Dalam Social Network Analysis Pada Twitter.” In Indonesia Symposium On Computing Indonesia.

Handoko, Waluyo. 2009. “Isu Perempuan Sebagai Strategi Komunikasi Politik Kampanye Calon Dalam Pilkada.” Jurnal Yin Yang 4 (2).

Haryatmoko. 2017. “Ketika Emosi Dominasi Politik.” Kompas.Id. 2017. https://kompas.id/baca/opini/2017/11/15/ ketika-emosi-dominasi-politik/.

Irtanto. 2014. “Political Behavior of Women’s Voter of Mojokerto City on Legislative Election 2014.” Jurnal Penelitian Komunikasi 18 (2).

Jannah, Selfie Miftahul. 2018. “Beragam Tuntutan Di Demo ‘The Power of Emak-Emak.’” Finance.Detik.Com, 2018. https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-4120987/beragam-tuntutan-di-demo-the-power-of-emak-emak?_ga=2.45236772.1023115454.1537283964-167148036.1537283962.

Juwito, dan Syfa Syarifa Alawiyah. 2009. “Pola Komunikasi Politik Perempuan Dalam Pemilu.” Jurnal Ilmu Komunikasi 1 (2).

katadata.co.id. 2018. “Pemilih Perempuan Lebih Banyak Dibanding Pria Di Pilpres 2019.” Katadata.Co.Id. 2018. https://katadata.co.id/berita/2018/09/05/pemilih-perempuan-lebih-banyak-dibanding-pria-di-pilpres-2019.

Mukarom, Zaenal. 2011. “Strategi Komunikasi Politik Di Lembaga Legislatif.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 5 (18).

news.detik.com. 2018. “Kongres Wanita RI Kritik Istilah The Power of Emak-Emak.” News.Detik.Com, September 2018. https://news.detik.com/berita/4212998/kongres-wanita-ri-kritik-istilah-the-power-of-emak-emak.

Purwanti, Ani. 2015. “Partisipasi Perempuan Pada Lembaga Legislatif Tahun 2014-2019 Di Provinsi Jawa Timur.” Jurnal Masalah-Masalah Hukum 44 (2).

Rizka, Ajeng. 2018. “Mulanya ‘The Power of Emak-Emak’ Bisa Heboh, Dari Pengalaman Banyak Orang Sampai Konstruksi Sosial.” Www.Hipwee.Com. 2018. https://www.hipwee.com/feature/mulanya-the-power-of-emak-emak-bisa-heboh-dari-pengalaman-banyak-orang-sampai-konstruksi-sosial/.

Sidhi, Thomas Adhi Purnomo, dan Dewi Indra Sari. 2011. “Sistem Pencarian Orang Hilang Berbasis Mobile Web Dengan Social Network Analysis.” Seminar Nasional Informatika 1 (5).

Surata, Vipriyanti, dan Nyoman Utari. 2010. “Social Network Analysis for Assesing Social Capital in Biosecurity Ecoliteracy.” Jurnal Ilmu Pendidikan 17 (3).

Wahid, Umaimah. 2012. “Aliansi Jaringan Dalam Proses Komunikasi Politik Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Perempuan.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10 (1).

White, Adian. 2017. Ethic in the News: EJN Report on Challenges for Journalism in the Post-Truth Era. London: Ethical Journalism Network (EJN).

Zamroni, Mohammad. 2016. “Perempuan Dalam Politik (Studi Kasus Partisipasi Selebritis Perempuan Dalam Komunikasi Politik Di Partai-Partai Islam Pada Pemilu 2014 Di Indonesia.” Profetik: Jurnal Komunikasi 9 (1).




DOI: 10.24235/orasi.v11i2.7251

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.