REPRESENTASI KORBAN COVID-19 DALAM FOTO JURNALISTIK DI INSTAGRAM @JOSHIRWANDI (Analisis Semiotik Roland Barthes)
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia masih menjadi sebuah masalah yang belum terselesaikan hingga saat ini dan menimbulkan banyak pro kontra di masyarakat. Joshua Irwandi, sebagai seorang jurnalis foto mencoba menghadirkan Covid-19 ke masyarakat dalam sebuah karya jurnalistik berupa foto yang ia unggah pada  akun Instagramnya @joshirwandi. Dalam waktu singkat foto tersebut menjadi viral dan menjadi perbincangan di masyarakat. Foto sesosok tubuh manusia terbungkus plastic menjadi objek utama dalam penelitian ini. Penelitian ini menganalisis dampak dari  virus Covid-19 yang memakan banyak korban yang direpresentasikan oleh Joshua Irwandi melalui foto jurnalistik dan dianalisis menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Dalam kajian semiotika, Roland Barthes memaparkan 3 tahapan untuk memaknai sebuah foto yaitu perseptif, konotasi kognitif dan etis-ideologis  Hasil penelitian menunjukan bahwa virus corona yang tak kasat mata ini bukan hanya mitos belaka namun fakta karena telah menimbulkan banyak korban salah satunya buktinya adalah adanya foto sesosok jenazah yang terbungkus plastik karya Joshua irwandi. Foto ini mengajak masyarakat untuk sadar akan penyakit ini memang nyata dan berbahaya sehingga masyarakat diharapkan dapat menjaga kesehatan agar pandemi ini segera berlalu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Audy Mirza. 2016. FOTO JURNALISTIK Metode Memotret Dan Mengirim Foto Ke Media Massa. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Aprilianingrum, Dian. 2019. “Representasi Bencana Dalam Foto Seri Cerita Kloset Pascagempa-Tsunami Palu (Studi Analisis Semiotik Terhadap Foto Seri Karya Beawiharta Yang Dimuat Di Beritasatu.Com)†Jurnalisa Vol 05 Nomor 1: 31-42 DOI: http://dx.doi.org/10.24252/jurnalisa.v5i1.9896 diakses 24 Juli 2020
Basuki, Achmad. 2015. “Makna Warna Dalam Desain.†Retrieved April 30: 2017.
Beard, David. 2020. “Photo of COVID-19 Victim in Indonesia Sparks Fascination—and Denial.†2020. https://www.nationalgeographic.com/photography/2020/07/covid-victim-photograph-sparks-fascination-and-denial-indonesia/.
Fanti, Giulio. 2018. “Why Is the Turin Shroud Not Fake?†Global Journal of Archaeology & Anthropology 7 (3). https://doi.org/10.19080/gjaa.2018.07.555715.
Ida, Rachmah. 2014. “Studi Media dan Kajian Budayaâ€. Jakarta: Prenada.
Kriyantono, Rachmat. 2014.â€Teknik Praktis Riset Komunikasi.â€Jakarta: Kencana Prenada Media.
Monica, Monica, dan Laura Christina Luzar. 2011. “Efek Warna Dalam Dunia Desain Dan Periklanan.†Humaniora 2 (2): 1084. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158.
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama.
Nuswantara, Jaka Priyo. 2014. “Pesan Sosial Dalam Foto Jurnalistik (Analisis Semiotika Dalam Buku ‘Jakarta Estetika Banal’, Bab I, III, V, dan VII)†Jurnal The Messenger Vol 6 No 1:14-21 DOI: http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v6i1.163 diakses 24 Juli 2020
Pratiwi, Endah Rizqi dan Belli Nasution 2017. “Foto Bencana Asap Di Provinsi Riau Pada Instagram @Infopku_ (Analisis Semiotika Roland Barthes)†JOM FISIP Volume 4 No. 2: 1-14 DOI: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/15166/14713 diakses 28 Juli
Putra, Sandi Justitia. 2017. “Representasi Wanita Indonesia Pada Foto Jurnalistik (AnaPutra, Sandi Justitia. 2017. ‘Representasi Wanita Indonesia Pada Foto Jurnalistik (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Foto Jurnalistik “Pengukuhan Paskibraka†Dalam Media Online Tempo.Co).’ In Se.†In Seminar Nasional TIK Dan Ilmu Sosial (SocioTech).
Sobur, Alex. 2007. “Analisis Teks Media.†Bandung: Rosda.
Wijaya, Taufan. 2014. Foto Jurnalistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
DOI: 10.24235/orasi.v11i2.7183
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Orasi indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.