KAJIAN SEMIOTIKA POSTER KEGIATAN FRANKFURT 63rd INTERNATIONAL MOTOR SHOW 2009

Abdu Zikrillah(1*), Ihsan Sa'dudin(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Iklan dalam bentuk poster merupakan cara yang cukup efektif dalam menyampaikan pesan secara visual. Poster sebagai media penyampaian yang memiliki ruang sedikit namun dapat memberikan informasi secara maksimal melalui komposisi gambar, teks, dan unsur visual lain. Pemahaman terhadap gambar bergantung kepada kognitif dan pengalaman khalayak yang melihatnya, sehingga informasi yang disampaikan melalui gambar terkadang memiliki makna yang berbeda. Poster kegiatan Frankfurt 63rd International Motor Show 2009 memiliki keunikan dalam menyampaikan pesan. Penggunaan gambar sebagai simbol yang mewakili objek tertentu dan gambar yang dikontruksi sehingga memiliki makna lebih ditujukan untuk menarik minat khalayak yang melihat poster tersebut. Kajian semiotika merupakan cara untuk memahami tanda dan makna yang terkandung di dalam poster ini. Beberapa sudut pandang teori semiotika digunakan guna mengetahui pola kontruksi gambar sehingga memiliki makna. Terlihat bahwa terdapat metafora objek tertentu dengan didukung gambar lain yang pada akhirnya saling berkaitan dan memiliki kesatuan tujuan makna yang utuh.

Keywords


semiotika, poster, komunikasi visual

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, Dominique Rio. 2011. “Semiologi, Strukturalisme, Post-Strukturalisme, Dan Kajian Desain Komunikasi Visual?†Humaniora. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i1.3099.

Berger, Arthur Asa. 2010. Pengantar Semiotika Tanda-Tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual: Konsep, Isu Dan Problem Ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra.

Fiske, John. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi Ed.3. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Muliastuti, Liliana. 2014. “Bahasa Dan Linguistik.†2014. http://repository.ut.ac.id/4729/3/PBIN4101-M1.pdf.

Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprapto, Andi. 2016. Ada Mitos Dalam DKV. Jakarta: Batavia Imaji.

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Vera, Nawiroh. 2015. Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yukishiro_6. 2010. “Analisis Isi, Analisis Semiotika, Analisis Wacana Dan Analisis Framing.†Dokumen.Tips. 2010. https://dokumen.tips/download/?url=66ceaced56fb1a1022a95e07153630955cd676c473fd855a273fe5018b45c845c6a9f1120ea97d0f1672a6845c5550781e2d5a156da7576cb1e6409cd6b68afffoYZOweu/TeMXXuvsWrPgYxSINl1fJaC+iPU9Rlc7hQqQJHzHWOaoO8b54kDFqD8AFIut/h+D0OAyOxHZ4WveKFArKAdvC3Ra2d0SseAjNOXrjQ2MGmZZw8kJZKEICj++F1bMiR9iGIWkQZI1RTroA==.




DOI: 10.24235/orasi.v10i2.5609

Article Metrics

Abstract view : 229 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â