MERAJUT JALAN TENGAH KERUKUNAN DALAM KOMUNIKASI LINTAS DAN ANTARBUDAYA DAN AGAMA DI INDONESIA
(1) UIN sunan kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Dinamika hubungan umat manusia dengan latar belakang keagamaan dan budaya yang semakin kompleks dan seolah makin berpeluang dalam hadirnya beragam konflik. Memerlukan pemenuhan jalan keluar yang dalam hal ini perlu ditujukan kepada anak bangsa melalui edukasi beragam bentuk guna menanamkan pemahaman spiritualitas secara murni yang tidak lagi berada pada tataran fisik atau pakaian saja. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara umum hal-hal yang perlu untuk dilakukan dalam menyediakan pendidikan bagi generasi muda kita dalam hal komunikasi pembangunan agama, termasuk peran pemerintah selaku otoritas terkait dan tokoh-tokoh agama, masyarakat, dan medium komunikasi dalam melanggengkan pembangunan ini. Tentunya kontak yang berhubungan dengan antar dan lintas budaya dan agama di indonesia. Model multi-track communication sebagai salah satu alat edukasi yang mengintegrasikan beragam pendekatan diperlukan dalam hal ini. Sehingga dirasa bahwa penyunatan atas informasi dan pemikiran orang-orang yang berlatar belakang berbeda dari masing-masing individu bisa diminimalisir dengannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antony, Mary Grace. 2010. On the Spot: Seeking Acceptance and Expressing Resistance through the Bindi, Journal of International and Intercultural Communication, 3:4. DOI: 10.1080/17513057.2010.510606
As-Suyuthi, Jalaludin. 2008. Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, terj. Tim Abdul Hayyie. (Jakarta: Gema Insani).
BBC.com, Pesantren Waria di Yogyakarta ditutup, LBH Protes, https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/02/160225_indonesia_ponpes_waria_ditutup. diakses pada 15 Februari 2019 pukul 23. 27 WIB. Kumparan.com, Pesantren al-fatah Menuntun Waria di Persimpangan iman, https://kumparan.com/@kumparannews/pesantren-al-fatah-menuntun-waria-di-persimpangan-iman. diakses pada 15 Februari 2019 pukul 23. 27 WIB.
BM, St. Aisyah. 2014. Konflik Sosial dalam Hubungan Umat Beragama. Jurnal Dakwah Tabliq Vol. 15: 2, Desember.
Hoover, Stewart M. et all,ed.. 2006. Religion, Media and Culture. (New York: Taylor & Francis e-Library).
Kompas.com, Idap HIV/AIDS, 14 Siswa Dikeluarkan dari Sekolahnya, https://regional.kompas.com/read/2019/02/14/19200061/idap-hivaids-14-siswa-dikeluarkan-dari-sekolahnya. diakses pada 15 Februari 2019 pukul 23. 27 WIB.
Kumparan.com, 14 Siswa di Solo Dikeluarkan dari Sekolah karena HIV/AIDS, https://kumparan.com/@kumparannews/14-siswa-di-solo-dikeluarkan-dari-sekolah-karena-hiv-aids-1550224798129577849. diakses pada 15 Februari 2019 pukul 23. 27 WIB.
Mugiarjo. 2017. Atribusi Komunikasi atas Keterbukaan Diri ODHA dengan Kerabat Dekat. Skripsi. tidak diterbitkan, Yogyakarta: Komunikasi dan Penyiaran Islam, FDK UIN Sunan Kalijaga.
Munthe, Edison. 2006. Intercultural Competence In Indonesian Context, dalam Helmut Weiss, ed., Intercultural And Inter-Faith Communication, (Tt, Sipcc). Diakses melalui laman www.sipcc.org, pada tanggal 13 Februari 2019 pukul 10.00 WIB.
Roy, Sudeshna dan Ibrahim Seaga Shaw, ed, 2016. Communicating Differences Culture, Media, Peace and Conflict Negotiation. (London: Palgrave Macmillan).
Said, Zainal. 2012. Konflik Sosial Keagamaan Islam Non-mainstream dalam Masyarakat Majemuk di Indonesia. Jurnal Al-Ulum Vol. 12: 2.
Shihab, M. Quraish. 2003. Tafsir al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, , vol. 14. (Jakarta: Lentera Hati).
Smith, Jane Idleman. 2007. Muslims, Christians, and the Challenge of Interfaith Dialogue. (New York: Oxford University Press, Inc,).
Utoyo, Marsudi . 2016. Akar Masalah Konflik Keagamaan di Indonesia. Jurnal Lex Librium Vol. III: 1, Desember.
DOI: 10.24235/orasi.v10i2.5263
Article Metrics
Abstract view : 168 timesPDF - 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Orasi indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.