KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PERUSAHAAN
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses komunikasi organisasi yang berlangsung di Ciradio Cirebon, baik secara internal maupun eksternal; (2) Mengetahui peran komunikasi organisasi dalam meningkatkan citra positif di Ciradio Cirebon. Dalam penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi pastisipan, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Dan untuk teknik analisis data yang digunakan ialah model Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut : (1) Proses komunikasi yang berlangsung di Ciradio, secara internal terbagi menjadi tiga bagian, yaitu (a) proses komunikasi organisasi dari atasan ke bawahan (downward communication), adapun bentuk komunikasinya adalah memberikan instruksi dan berkoordinasi dengan bawahan; (b) komunikasi organisasi dari bawahan ke atasan (upward communication), adapun bentuk komunikasinya ialah berkoordinasi dengan atasan serta memberikan masukan berupa kritik dan saran; (c) proses komunikasi organisasi horizontal, adapun bentuk komunikasinya ialah melakukan koordinasi antar karyawan dan komunikasi berdasarkan pekerjaan. Adapun proses komunikasi organisasi secara eksternal terbagi menjadi dua bagian, yaitu (a) komunikasi dari perusahaan kepada khalayak, adapun bentuk komunikasinya ialah silaturahmi, pendekatan personal, memberikan perhatian, menjadi fasilitator dalam kesempatan promosi serta berpartisipasi dalam kegiatan khalayak; dan (b) komunikasi dari khalayak kepada perusahaan, bentuknya ialah tanggapan khalayak pendengar, kerjasama bisnis, kunjungan dan kerjasama praktikum. (2) Peran komunikasi organisasi dalam membangun citra positif di Ciradio Cirebon dibagi menjadi 2 bagian. Secara internal, yaitu (a) menumbuhkan motivasi kerja; (b) musyawarah; (c) membentuk organisasi beriklim kekeluargaan. Sedangkan secara eksternal, yaitu (a) meningkatkan kualitas SDM dan program radio; (b) berpartisipasi aktif di eksternal; (c) membangun komunikasi yang berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro. (2016). Handbook of Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ardianto, Elvinaro. et al. (2012). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama.
Bungin, Burhan. (2010). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
______. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Effendy, Onong Uchjana. (2013). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gibson. et al. (1996). Edisi Kelima Organisasi Jilid 2 (Perilaku, Struktur, Proses). Jakarta: Erlangga.
Fathoni, Abdurrahman. (2006). Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Fiske, John. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.
Jefkins, Frank. (1995). Public Relations (alih bahasa oleh Haris Munandar). Jakarta: Erlangga.
Liliweri, Alo. (2014). Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ma’arif, Bambang Saiful. (2012). Komunikasi Dakwah Paradigma Untuk Aksi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Morissan. (2010). Manajemen Public Relations. Jakarta: Kencana.
Mulyana, Deddy. et al. (2013). Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Kencana.
Mulyana, Deddy & Solatun. (2013). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noor, Juliansyah. (2013). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Nurudin. (2017). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: Rajawali Pers.
Pace, R. Wayne & Don F. Faules. (2006). Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan (editor oleh Deddy Mulyana). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Soetopo, Hendyat. (2012). Perilaku Organisasi Teori dan Praktek di Bidang Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.
Suhandang, Kustadi. (2013). Ilmu Dakwah: Perspektif Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryanto. (2013). Membangun Citra dengan Metode Public Relations. Bandung: Arfindo Raya.
Taufik, Tata. (2012). Etika Komunikasi Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Umam, Khaerul. (2010). Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.
Wasesa, Silih Agung. (2006). Strategi Public Relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wexley, Kenneth N. & Gary A. Yuki. (2005). Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia (alih bahasa oleh Muh. Shobaruddin). Jakarta: Rineka Cipta.
Sumber Internet :
Akbar, Andi Asrullah. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Maxcell Kendari. http://sitedi.uho.ac.id/uploads_sitedi/b1b113121_sitedi_andi%20asrullah%20akbar%20(B1B113121).pdf. Diakses pada tanggal 20 Desember 2018 pukul 15:20 WIB.
Aprini, Ita. (2014). Pola Komunikasi Organisasi Antara Pimpinan dan Staff PT. PP. London Sumatra Indonesia, tbk. Palagisang Estate di desa Tamatto Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. repositori.uinalauddin.ac.id/2445/1/ ita%20aprini%20 skripsi.pdf. Diakses pada tanggal 20 Desember 2018, pukul 15:15 WIB.
Chabibah, N. (2014). http://digilib.uinsby.ac.id/1514/6/Bab%203.pdf, diunduh pada tanggal 3 Desember 2018, pada pukul 20:10 WIB.
Junaidin. (2013). Peranan Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar. repositori.uin-alauddin.ac.id /2445/1/ita%20aprini%20skripsi.pdf. Diakses pada tanggal 20 Desember 2018 pukul 15: 15 WIB.
Pahrurorroji. (2015). Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Citra Makmur Sejahtera Cabang Bogor. repository.uinjkt.ac.id/dspace /bitstream/123456789/28178/1/pahrurroji-FEB.pdf. Diakses pada tanggal 21 Desember 2018 pada pukul 15:00 WIB.
Ridhwanullah. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Perusahaan Jasa Penerbangan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderating Pada PT. Lion Mentari Airlines (Survei Pelanggan Lion Air di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar). repositori.uin.alauddin.ac.id/6144/1/ridhwanullah_opt.pdf. Diakses pada tanggal 21 Desember 2018 pukul 21:00 WIB.
Sendjaja, Sasa Djuarsa. (2014). Teori Komunikasi : Memahami Teori Komunikasi: Pendekatan, Pengertian, Kerangka Analis, dan Perspektif. Universitas Terbuka, Jakarta. Diakses dari http://repository.ut.ac.id/4413/. Diakses pada tanggal 20 Desember 2018, pada pukul 20:00 WIB.
DOI: 10.24235/orasi.v10i1.5144
Article Metrics
Abstract view : 187 timesPDF - 87 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Orasi indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.