KOMUNIKASI ISLAM DAN INTERAKSI MEDIA SOSIAL

Cartono Cartono(1*),


(1) Komunikasi dan Penyiaran Islam
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini tidak dapat lagi di pungkiri bahwa hampir setiap aktivitas seseorang mulai dari anak-anak, remaja, sampai kalangan orang-orang tua sudah pasti telah mengenal media sosial seperti facebook, twitter, instagram, bbm, path, dsb. media sosial cukup banyak menyumbang dampak positif bagi kehidupan masyarakat, tetapi juga bisa berdampak negatif apabila penggunanya terlalu berlebihan. Komunikasi dalam media sosial kini keberadaan menjadi sangat kompleks. Dua aspek komunikasi melebur menjadi satu. Dimana Komunikasi interpersonal melebur dengan komunikasi massa. Pada saat orang mengunggah sesuatu, dan terjadi interaksi dengan pihak lain, maka komunikasi interpersonal terjadi, dan disaat itu juga terjadi  komunikasi massa, karena apa yang diunggah bisa langsung terlihat dan menjadi konsumsi khalayak publik. Dengan kenyataan bahwa apa yang seharusnya berada dalam ruang pribadi kini bisa dikonsumsi publik, maka dari itu kehadiran media sosial kiranya perlu diperhatikan lagi. Bukan untuk menghentikan perkembangannya, agar menjadi efektif. Kesadaran diri setiap pengguna penting untuk ditingkatkan dan keberadaan ajaran agama sebaiknya digunakan, mengingat apa yang diunggah akan bisa mempengaruhi citra diri, dan apa yang diunggah bisa berpengaruh pada hubungan yang terjalin dengan pihak lain  Kebebasan berpendapat, keleluasaan berbagi yang ditawarkan media sosial hendaknya bisa disikapi secara bijak oleh penggunanya.

Keywords


Komunikasi Islam; interaksi; media sosial

Full Text:

PDF

References


Hefni, Harjani. 2015, Komunikasi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group

Jensen, Klaus Bruhn, “ News as Social Resources,†Dalam European Journal of Communication 3. 3 : 275-301, 1988

Littlejohn, Stephen W. Theories of Human Communication.(7ed.)USA: Wadworth, 2002.

Pearson, Judy C. & Paul E. Nelson, (2000) Understanding and Sharing: An Introduction to Speech Communication, Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown,

Rakhmat, Jalaludin, (2001) Psikologi Komunikasi, Edisi Revisi, Bandung: ,PT.Remaja Rosda. Karya.

Cangara, Hafied.2002.Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta : PT. RajaGrafindo. Persada.

Effendy, Onong Uchjana.2001. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya .

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. IX, 1998.

Devita Maulida Choiru Uma,†Media Sosial dan Perkembangan Fashion Hijab,â€Jurnal Komunikasi hal.9 (akses 24 Oktober 2018)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2011

Sisrazeni,†Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Interaksi Sosial Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Tahun 2016/2017 Iain Batusangkar. 2nd International Seminar on Education 2017 Empowering Local Wisdom on Education for Global Issue hal.3 (akses 24 Oktober 2018)




DOI: 10.24235/orasi.v9i2.3692

Article Metrics

Abstract view : 408 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â