STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
(1) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan akhir proses pendidikan nasional adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Untuk mencapai tujuan tersebut upaya strategis yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini mengenai fungsi komunikasi yang diperankan oleh para warga belajar dan tutor, pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Fokus penelitian adalah bentuk komunikasi formal dan informal, yang berlokasi di Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. Tujuan penelitian ini untuk mengonstruksi pola komunikasi baik formal maupun informal di dalam PKBM khususnya di Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan pengambilan sampel penelitian adalah purposif. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi, kemudian menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Komunikasi formal tidak bisa dipisahkan dari komunikasi informal dalam proses penelitian dan pelaksanaan di PKBM. Komunikasi formal dilakukan setelah akses terbuka dan untuk mempertegas suatu tujuan kegiatan. Kemudian dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi, penyuluhan, dan studi banding. (2) Kegagalan proses komunikasi informal, mengakibatkan resistensi, kurang mendapat dukungan, timbul kecurigaan, bahkan bisa terjadi penolakan dari informan penelitian. (3) Komunikasi formal memiliki sifat terstruktur, terfokus, dan adanya interaksi simbol atas nama status institusi atau lembaga dari para pelaku komunikasi. Sedangkan komunikasi informal sifatnya tidak terstruktur, proses dialog lebih bebas atau tidak kaku yang bisa berlangsung lama, walaupun pembahasan bisa saja tidak fokus. Interaksi mengutamakan keakraban atau menjalin hubungan yang intens.
Â
Â
Kata Kunci: Komunikasi, PKBM, Pendidikan Luar Sekolah, formal, informal
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, IR. (2003). Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat Dan Intervensi Komunikasi (Pengantar pada Pemikiran dan Pendekatan Praktis). Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Bogdan R, Taylor SJ. (1993). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Afandi AK, penerjemah. Surabaya: Usaha Nasional.
DeVito, JA. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Maulana A, penerjemah. Wahyu YI, Prihantini Y, editor. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Effendy, Onong Uchjana. (2005). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.
Eti Rochaety, dkk, 2005, “ Sistem Informasi Manajemen Pendidikanâ€, Bumi Aksara, Jakarta.
Herdiansyah, H. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif : untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Salemba Humanika
Lubis, D. (2010). Komunikasi dan Pembangunan. Di dalam : Hubeis AVS, editor. Dasar-Dasar Komunikasi. Bogor : Sains KPM IPB Pr.
Idris, Naswil, 2001, “Pengembangan dan Peranan Sumber Daya Manusia di Era Teknologi Informasiâ€,Semarang.
Oetomo, B.S.D, 2002, e-Education Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Setiawan, Wawan. 2009. Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi. UPI Press. Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU SISDIKNAS 2003).
Joesoef Soelaiman, 2004, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sudjana, D. (2004). Manajemen Program Pendidikan (untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.
DOI: 10.24235/orasi.v9i1.2968
Article Metrics
Abstract view : 447 timesPDF - 44 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Orasi indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.