PROSES VISUALISASI BUKU DONGENG TIMUN MAS DENGAN TEKNIK POP-UP UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Salah satu cara yang efektif untuk mengawal tumbuh kembang pola piker, melatih otak dan meningkatkan komunikasi anak ke arah yang positif yaitu dengan mengakrabkan dan menyibukkan anak dengan belajar tanpa menghilangkan waktu bermainnya. Buku bergambar termasuk buku ringan yang dapat menghibur sekaligus mendidik anak. Buku bergambar berbentuk pop-up menjadi salah satu bentuk buku cerita yang lebih diminati anak karena tampilannya yang menarik. Tidak banyak buku bergambar pop-up yang mengangkat tema mengenai cerita nusantara di Indonesia, hal ini sangat penting karena selain ceritanya menarik di dalamnya mengandung pesan moral yang baik untuk anak, serta untuk ikut melestarikan keberadaan dongeng nusantara. Salah satu dongeng populer di Indonesia adalah Timun Mas. Timun Mas merupakan tokoh utama yang umurnya berkisar antara 9-12 tahun. Pemeran utama cerita Timun Mas berumur sama dengan target pembaca, hal ini baik sebagai contoh untuk anak-anak yang merupakan peniru ulung yang baik. Proses pembuatan buku dongeng Timun Mas menggunakan teknik pop-up melalui beberapa tahapan berkarya, proses pembuatn synopsis, proses studi karakter, tahap pembuatan storyboard, tahap pembuatan teknik pop-up, pembuatan prototype, proses pembuatan sketsa, proses pewarnaan, tahap scanning, proses penulisan teks, tahap editing, tahap printing, tahap cutting, tahap rakit, dan tahap pengemasan karya.
Kata Kunci: dongeng, Timun Mas, teknik pop-up, kemampuan komunikasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Capodagli-Jackson, Bill- Lynn. 2002. “ The Disney Wayâ€. Jakarta: Erlangga.
Hardjana. (2006). “Cara Mudah Mengarang Cerita Anak-Anakâ€. Jakarta: Grasindo.
Nurgiyantoro, Burhan. (2005). “Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anakâ€.Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Rahimsyah, A.R. (2010). â€Timun Mas dan Raksasaâ€. Jakarta: Bintang Indonesia
Riyadh, DR. Sa’id. (2011). “Melatih Otak dan Komunikasi Anakâ€. Jakarta: Akbar Media.
Sabuda, R. (2014). “Pop-Up Questionâ€. Robert Sabuda [Online]. Tersedia: http://wp.robertsabuda.com/pop-up-questions/ . [ Januari 2014].
Strizver, Ilene. _______. “Typografy for Childrenâ€. Fonts [Online]. Tersedia: http://www.fonts.com/content/learning/fyti/situational-typography/ typography-for-children. __________.
Susanto, Mike. 2002. “Diksi Rupa: Kumpulan Istilah Seni Rupaâ€. Yogyakarta: Kanisius.
DOI: 10.24235/orasi.v9i1.2967
Article Metrics
Abstract view : 357 timesPDF - 272 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Orasi indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.