PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR

Meti Meti(1*), Yayah Nurhidayah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa kehidupan anak sebagian besar berada dalam lingkungan keluarga. Karena itu, keluargalah yang paling menentukan terhadap masa depan anak, begitupula corak anak dilihat dari perkembangan sosial, psikis, fisik, dan relegiusitas juga ditentukan oleh keluarga. Sebagaimana yang terjdi di blok dua desa Cisaat Kabupaten Cirebon para orang tua memperhatikan anaknya walaupun sebagian besar kesibukan sebagai ibu rumah tangga tidak mengurangi perhatian terhadap sang anak pada pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan orang tua dengan anak dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana imbauan pesan orang tua terhadap anak dalam memberikan motivasi belajar, serta sejauh mana efektifititas imbauan pesan orang tua dalam memberikan motivasi belajar anak. Metodologi yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif, adapun pendekatannya menggunakan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, pengamatan, dan dukumentasi. Hasil penelitian ini di simpulkan bahwa peran komunikasi interpersonal yang terjadi antara orang tua dengan anak adalah adanya sebuah keakraban antara orang tua dan anak, adanya kesepakatan yang terjalin antara orang tua dan anak, ketepatan respon orang tua terhadap anak maupun sebaliknya, dan nada bicara yang tepat ketika melakukan komunikasi dengan anak maupun sebaliknya. Sementara itu imbauan pesan dilakukan dengan cara menyampaikan pesan berulang-ulang, menggunakan bahasa yang lugas dan jelas, dan memberikan contoh suri tauladan kepada sang anak, adapun efektifitas terwujud dikarenakan adanya waktu situasi dan tempat yang tepat dan konsistensi dari orang tua.

 

Kata kunci: imbauan; interpersonal; orang tua; anak; motivasi belajar


Keywords


imbauan; interpersonal; orang tua; anak; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2007. Penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. B.Uno Hamzah. 2006. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Analisis Data. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Offset.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhadjir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian kualitatif. Yogyakarta: PT.

Bayu Indra Grafika.

Mulyana, Deddy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitataif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Lestari Sri. 2012. psikologi keluarga. Surakarta. Kencana Prenada Media Group

Sardiman A.M, 2007. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sochib, Moh. 2000. Pola asuh orang tua dalam membantu anak mengebangkan disiplin diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Suciati. 2014. KomunikasiInterpersonal. Yogyakarta: BukuLiteraYogyakara HidayahRifa. 2009. Psikologipengasuhananak. Malang: UIN-Malang Pers

Mulyana dedi, 2013. Ilmu Komunikasi suatu pengantar. Bandung, PT Remaja Rosda Karya

Rakhmat Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya

Lestari Sri. 2012. Psikologi Keluarga penanaman nilai penanganan konflik dalam keluarga. Yogyakarta. Kencana Prenada Media Group

Sardiman A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Syah Muhibbin. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada

Sobur Alex. 2013. Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah. Bandung. Pustaka Setia

Siregar Eveline dan Nara Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pebelajaran. Ghalia Indonesia. Jakarta




DOI: 10.24235/orasi.v9i1.2961

Article Metrics

Abstract view : 179 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.