POTRET PEMANFAATAN YOUTUBE DALAM PRAKTIK CYBER PUBLIC RELATIONS KEPOLISIAN DAERAH GORONTALO

Taufik R. Talalu(1*), Citra Fransisca Indah Lestari Dano Fransisca Indah Lestari Dano Putri(2), Ade Rian Sudrajat(3),


(1) Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam era digital yang semakin maju, praktik Electronic Public Relations (E-PR) atau Cyber Public Relations menjadi penting bagi organisasi, termasuk instansi pemerintah seperti Kepolisian Daerah. Artikel ini mengungkap pemanfaatan YouTube oleh Humas Polda Gorontalo sebagai salah satu bentuk E-PR yang inovatif. Dengan tujuan untuk mengisi kesenjangan dalam penelitian sebelumnya, penelitian ini menganalisis tiga aspek kunci: (1) Pemanfaatan YouTube oleh Humas Polda Gorontalo, (2) Proses pembuatan konten YouTube, dan (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam keberhasilan pemanfaatan YouTube sebagai alat E-PR. Hasil temuan menunjukkan bahwa YouTube telah membuka peluang untuk membangun hubungan yang erat dengan publik, meskipun tantangan seperti kurangnya personil dan ketidakstabilan jaringan internet perlu diatasi. Artikel ini memberikan kontribusi penting bagi pemahaman praktik E-PR dalam konteks pemerintahan dan menyoroti pentingnya adaptasi berkelanjutan terhadap perubahan teknologi dan perilaku pengguna internet.

Keywords


Cyber Public Relations; Electronic Public Relations; Polda Gorontalo; YouTube

Full Text:

PDF

References


Agostino, Deborah. 2013. “Using Social Media to Engage Citizens: A Study of Italian Municipalities.†Public Relations Review 39 (3). JAI: 232–34. doi:10.1016/J.PUBREV.2013.02.009.

Alfiyaty, Rizqy, Israwaty Suriady, and Anugrah Cahya Maulana. 2019. “Manajemen Krisis Dalam Penanganan Pemberitaan Negatif Oknum Anggota Oleh Humas Polda Sulawesi Tengah.†Jurnal Komunikasi Dan Organisasi 1 (2): 81–91. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jko/article/view/5245.

Asri, Rahmat Hidayat. 2018. “Strategi Komunikasi Humas Polda D. I. Yogyakarta Melalui Skill Digital Savvy Di Era Disruptif.†Expose Jurnal Ilmu Komunikasi 1 (2): 95–113. http://dx.doi.org/10.33021/exp.v1i2.432.

B., Gita Aprinta E. 2014. “Strategi Cyber Public Relations Dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta.†Jurnal The Messenger 6 (1): 1–7. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v6i1.161.

Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif : Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Edited by Burhan Bungin. Depok: Rajawali Pers.

Chandra, Edy. 2017. “YouTube, Citra Media Informasi Interaktif Atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi.†Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni 1 (2): 406–17. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.1035.

Corbuzier, Deddy. 2018. Youtuber For Dummies. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Cutlip, Scott, Allen Center, and Glen Broom. 2011. Effective Public Relations. 9th ed. Jakarta: Kencana.

Dekker, Rianne, Puck van den Brink, and Albert Meijer. 2020. “Social Media Adoption in the Police: Barriers and Strategies.†Government Information Quarterly 37 (2). JAI. doi:10.1016/J.GIQ.2019.101441.

Dewi, Qurani. 2016. “Strategi Komunikasi Pada Pasar Modal Syariah Berbasis Cyber Public Relations.†Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 10 (1): 17–36. https://doi.org/10.15575/idajhs.v10i1.1559.

Holmbom, Mattias. 2015. “The YouTuber: A Qualitative Study of Popular Content Creators.†Umeå University. http://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:se:umu:diva-105388.

Kirana, Naresh Wara, and Awang Dharmawan. 2020. “Strategi Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Dalam Menjaga Citra Positif Kepolisian.†Jurnal Commercium 3 (2): 1–15. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/36448.

Meijer, Albert, and Marcel Thaens. 2013. “Social Media Strategies: Understanding the Differences between North American Police Departments.†Government Information Quarterly 30 (4). JAI: 343–50. doi:10.1016/J.GIQ.2013.05.023.

Onggo, Bob Julius. 2004. Cyber Public Relations: Strategi Membangun Dan Mempertahankan Merk Global Di Era Globalisasi Lewat Media Online. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Talalu, Taufik R., Citra Fransisca Indah Lestari Dano Putri, and Ibnuh Vanli Mokodompit. 2021. “Digital Marketing: Metode Utama Komunikasi Pemasaran Atraksi Wisata Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).†Ettisal : Journal of Communication 6 (2): 53–62. https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i2.6619.

Talalu, Taufik R., and Bondan Ariyanto Sadewo. 2021. “Manajemen Komunikasi Pariwisata: Bone Bolango Dan Pandemi Covid-19.†Islamic Communication Journal 6 (2): 223–32. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/icj/article/view/8172.

Talalu, Taufik R., and Femalia Valentine. 2021. “Interaksi Pendengar Dan Promosi Program Siaran Radio ‘Polemik Trijaya’ Di Twitter.†Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 6 (2): 237–54. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JDK/article/view/3757.

Waters, Richard D, and Paul M Jones. 2011. “Using Video to Build an Organization’s Identity and Brand: A Content Analysis of Nonprofit Organizations’ YouTube Videos.†Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing 23 (3): 248–68. https://doi.org/10.1080/10495142.2011.594779.

Wu, Hsin-Ching, and Aroon P. Manoharan. 2023. “Three Cities on YouTube: E-Government’s Evolution Through Content Creation.†International Journal of Public Administration in the Digital Age (IJPADA) 10 (1): 1–22. http://doi.org/10.4018/IJPADA.318126.




DOI: 10.24235/orasi.v14i2.14951

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â