KEPEMIMPINAN PONDOK PESNTREN AL-IKHLASH (STUDI KASUS KEPEMIMPINAN DAN PERJUANGAN DAKWAH K.H.QUSYAERI PENGASUH PONDOK PESANTREN AL-IKHLASH CURUG KANGGRAKSAN KOTA CIREBON)
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Kepemimpinan kyai merupakan kepemimpinan yang bersifat universal, Kyai sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, motivator dan dinamisator kehidupan pondok pesantren. Kyai merupakan pemegang kekuasan tertinggi dalam komunitas pesantren yang mampu mengembangkan pesantren menjadi sebuah lembaga pendidikan agama yang dipercaya masyarakat K.H. Qusyaeri adalah pengasuh pondok pesantren al-Ikhlash Curug Kanggraksan Kota Cirebon, dan seorang da’i yang bergerak dalam rangka menyi’arkan Islam. Peran beliau adalah menda’wahkan Islam yang direalisasikannya dengan mendirikan pendidikan Islam atau pondok pesantren. Disamping da’wahnya dilingkungan masyarakat, sehingga mampu merubah citra masyarakat yang sebelumnya minim dalam pemahaman ajaran Islam.Â
Untuk mencapai tujuan-tujuan di atas, penulis menggunakan penelitian tersebut dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Kemudian sumber datanya diperoleh melalui dua cara yakni studi teoritis dan empiris.Sedangkan dalam pengumpulan data-data yang diperlukan, penulis menggunakan beberapa tekhnik pengumpulan data.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa karakteristik kepemimpinan K.H. Qusyaeri dan strategi yang dilakukan KH. Qusyaeri sebagai wadah pengembangan agama Islam. Karakteristik kepemimpinan yang beliau miliki dapat dengan mudah membimbing dan mengarahkan santri dan masyarakat kearah yang sesuai dengan ajaran Islam. Sifat kharismatik pun tampak pada kepemimpinan beliau dalam mengembangkan pendidikan pesantren, sehingga lembaga pendidikan pesantren yang beliau pimpin terus berkembang.
                                                                                       Â
Leadership of kyai is a universal leadership, kyai as an educator, teacher, mentor, motivator and dynamist of boarding school life. Kyai is the holder of supreme power in the community of the boarding schools that is able to develop the boarding school into a religious institution that trusted by the society K.H. Qusyaeri is a caretaker of al-Ikhlash Curug Kanggraksan Cirebon City, and he is a preacher who moves in order Islam preacher. His role is as Islam missionary that realized by establishing Islamic schools or boarding schools. Besides his preachings within in thesociety, so that he able to change the image of the society that previously has minimal comprehensionin Islamic knowledge.
To achieve the objectives above, the  authors used descriptive qualitative approach that produces descriptive data in the form of words that written or spoken from the peoples whose behaviour is observed. Then the data source is obtained through  two ways namely theoretical and empiris study. Whereas in the collection of the necessary data, the author uses several techniques of data collection, there are: observation, interviews, and documentation.
These way shows the validity results of this study. From the results of this study it can be concluded that the leadership characteristics of K.H. Qusyaeri andthe strategy that undertaken by K.H. Qusyaeri as an institut  development of Islam. Kyai is a dedicated leader figure. The leadership Characteristicks in his  leading could has easily guiding and directing the students and the society towards that appropriate with Islamic rules. The nature charismatic of his leadership in developing his boarding school education, so that education of the institutions pesantren which led by him is continues to grow
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Ali. 2007. Metodologi Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiyah, Stain Press, Cirebon
Abdurrahman Wahid. 2008. Dinamika Pesantren (kumpulan makalah seminar internasional), P3M, Jakarta
----------, 2007. Islam Kosmopolitan; Nilai-Nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan, Jakarta: The Wahid Institute Seeding Plural and Peaceful Islam
Abdurrahman Mas’ud. 2002. Sejarah dan Budaya Pesantren, Jakarta : Erlangga
Ali Maschan Moesa. 2007. Nasionalisme Dunia Kyai Sebagai Setting Penelitian Dalam Kyai Kontruksi Sosial Berbasis Agama, Yogyakarta, LKIS
Amin Haedari, dkk. 2004. Panorama Pesantren Dalam Cakrawala Modren, Jakarta: Diva Pustaka
---------- dkk. 2004. Masa Depan Pesantren, Jakarta: IRD Press
AR. Idham Kholid. 2011. KH. M. Sanusi “Al-Bakani†Filsafat, Nilai, Paham Keagamaan dan Perjuangannya, Bekasi: Pustaka Isfahan
Asep Muhiddin. 2002. Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an, Bandung: CV Pustaka Setia
---------- 2005. Komunikasi Efektif Suatu Pendekatan Lintas Budaya, Bandung: Rosdakarya
Huseni Usman, 2009, Manajemen Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara
Ibnu Malik, Kitab Syarah Ibnu Aqil
Irfan Helmy, 2002, Dakwah Bil Hal, Yogyakarta: Mitra Pustaka
Jalaludin Rakhmat. 1991. Islam Alternatif: Ceramah-ceramah di kampus, Bandung: Mizan
---------- 2003. Retorika Modern, Bandung: Rosdakarya
Khazin. 2001. Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia. Malang: UMM Press
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.2008 Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Lukens-Bull, Ronald Alan, A Peacefull Jihad, diterjemahkan oleh Abdurrahman Mas’ud dkk. 2004. Jihad Ala Pesantren di Mata Antropolog Amerika, Jogjakarta: Gramedia
Moeloeng Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
M. Dzanuryadi. 2011. Goes to Pesantren, Jakarta: Lingkar Pena
M. Bahri. 2003. Pesantren Berwawasan Lingkungan, Jakarta : Prasasti
Margono, S. 2000. Metode Penelitian Pendidikan, PT. Rineka Cipta, Jakarta
Maryaeni. 2005. Metode Penelitian Kebudayaan, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Nurul Zuriah. 2003. Penelitian Tindakan, PT.Bayu Media, Malang
Subana dan Sudrajat. 2001. Dasar-Dasar Penelitian, PT. Pustaka Setia, Bandung, 2001
Sulthan Fathoni. 2006. Peradaban Islam; Desain Awal Peradaban, Konsolidasi Teologi, Konstruk Pemikiran dan Pencarian Madrasah, Jakarta: ELSAS
Sulthon Masyhud dkk. 2003. Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka
Said Aqil Siraj.2004. Pesantren Basis Sosial Gerakan Transformasi dalam Tasawuf sebagai Kritik Sosial, Bandung: Mizan
Samiaji Sarosa. 2012. Penelitian Kualitatif, Jakarta: Indeks
DOI: 10.24235/orasi.v6i2.1433
Article Metrics
Abstract view : 727 timesPDF - 592 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Orasi indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.