BODY OF LITERATURE ILMU KOMUNIKASI DALAM INTERELASI KOMUNIKASI-DAKWAH PERSUASIF

Aah Syafa'ah(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Interaksi sosial merupakan salah satu point penentu terbangunnya komunikasi yang efektif. Di mana komunikasi menempatkan dirinya sebagai sui generic atau hal yang berhubungan dengan persoalan paling mendasar dan paling penting di dalam kehidupan. Karena komunikasi menjadi sebuah proses penting yang tidak hanya mempertemukan ide atau gagasan satu orang dengan orang lainnya baik secara individu maupun kelompok, tapi juga memiliki kontribusi yang penting dalam mempengaruhi, mengubah hingga memperbaiki sikap dan perilaku antarmanusia. Komunikasi yang menjadi kajian multidisipliner ini pada titik tertentu tidak bisa diperbandingkan ataupun disamakan dengan konsep dakwah begitu saja. Hal ini terjadi karena, di antara keduanya terdapat perbedaan interpretasi baik dalam segi ruang lingkup, konteks dan aplikasinya. Akan tetapi, kontribusi komunikasi dibutuhkan untuk minimalnya merekonstruksi pola dakwah persuasif yang akan menjadi determinan perkembangan dakwah Islam sendiri. Sehingga, hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan dalam rangka memahami peranan ilmu komunikasi bagi dakwah, pada hakikatnya tidak hanya menempatkan dakwah sebagai ruh dan ghayah (tujuan) tapi juga menemukan interelasi dalam interaksi sosial yang utuh dalam suatu masyarakat.

                                                                                                  

Kata kunci: Komunikasi, konteks, interaksi sosial, dakwah.

 


Full Text:

PDF

References


Burce, Courtland L, John V. Thill, and Barbara E. Schatzman. 2003. Business Comunication Today, South Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Chaney, Lilian, Martin, Jeanette. 2004. Intercultural Business Communication. New Jersey: Pearson Education Inc.

Effendi, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Gunawan, Ary. H. 2010. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryani, Sri. 2002. Komunikasi Efektif untuk Mendukung Kinerja Perkantoran. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Hasibuan, Malayu, S.P. 2002. Manajemen Pasar: Pengertian dan Masalah. Jakarta: Gunung Agung.

Liliweri, Alo. 2004. Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Littlejohn, Stephen W. 1996. Theories of Human Communication. Belmon: Wadsworth.

Mubarok, A. 2001. Psikologi Dakwah. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murdiyamoko, Janu. 2007. Sosiologi: Memahami dan Mengkaji Masyarakat. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Rakhmat, J. 1999. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbin, Stephen D. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: prenhalindo Persada.

Sastropoetro, Santoso. 1990. Pendapat Publik, Pendapat Umum dan Pendapat Khalayak dalam Komunikasi Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sentosa, Slamet. 2010. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Setiadi, Elly M. 2007. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Widjaja, A. W. 1986. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Wulansari, Dewi. 2009. Sosiologi: Konsep dan Teori. Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: 10.24235/orasi.v6i2.1430

Article Metrics

Abstract view : 670 times
PDF - 568 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â