KONSTRUKSI SOSIAL BUDAYA POPULER DAKWAHTAINMENT PADA PROGRAM AKSI INDOSIAR

Andi Fakhrullah(1*), Mohammad Iqbal(2), Atikah Rahmah(3), Sandra Oktaviani(4), Sandrina Fitriani Rosa(5), Gun Gun Heryanto(6),


(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(4) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(5) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(6) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Dakwahtainment di era kontemporer telah lama menghiasi layar televisi bahkan akhir-akhir ini telah memenuhi ruang-ruang digital di berbagai platform media sosial. Penelitian ini mengkaji bagaimana budaya populer dakwahtainment pada program AKSI Indosiar dikonstruksi melalui media massa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan teori yang digunakan yakni konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Dalam penelitian ini menguraikan terkait tahapan pembentukan konstruksi dakwahtainment melalui tahapan pembuatan materi konstruksi, tahapan sebaran konstruksi, tahapan konstruksi realitas, dan tahapan konfirmasi. Kemudian bagaimana pembentukan realitas konstruksi budaya populer dakwahtainment melalui proses dialektika yang dirumuskan oleh Berger dan Luckmann. Mulai dari eksternalisasi dakwahtainment pada program AKSI Indosiar yang menampilkan kontestan atau ustaz dan ustazah yang berkompetisi dengan mengimprovisasi materi dakwahnya, baik dengan guyonan atau dengan bernyanyi. Kemudian proses objektivasi dakwahtainment pada program AKSI Indosiar merujuk pada tayangan program dakwah yang menghibur serta disenangi oleh penonton. Serta proses internalisasi pada program AKSI Indosiar ditandai dengan dakwahtainment yaitu dakwah dengan adanya unsur hiburan yang lebih diingat oleh penonton. Jika merujuk pada seluruh materi konstruksi dan proses dialektika yaitu tahapan eksternalisasi, objektifikasi, dan internalisasi secara simultan dapat disimpulkan bahwa hal ini sesuai dengan konstruksi yang diciptakan oleh program AKSI Indosiar.


Keywords


AKSI Indosiar; Dakwahtainment; Konstruksi Sosial; Budaya Populer; Media Massa

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Nur. 2018. Rekonstruksi Dakwahtainment Sebagai Media Dakwah. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 113-134.

Berger, Peter L. dan Thomas Luckmann. 1991. The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. United State: Penguin Books.

Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Jakarta: Prenada Media.

Effendi, Dudy Imanududdin dan Aang Ridwan. 2022. Dakwah dan Media Massa: Perspektif Sosiologi dan Budaya Populer. Bandung: Yayasan Lidzikri.

Fajariyah, Lukman, and Iftahul Digarizki. 2020. “Dakwahtainment: Resitasi Al-Qur’an Oleh Kalangan Artis Dangdut.†ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 11(2):163–72.

Fiske, John. 1990. Reading the Populer 2nd. London and New York: Routledge.

Kriyantono, Racmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Laili, Fatma. 2013. Dilema Dakwah Tainment. At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 127-143.

Pradesa, Dedy, and Yunda Presti Ardilla. 2020. “Komodifikasi Dan Efek Eksternalitas Program Dakwahtainment Islam Itu Indah.†Inteleksia - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 02(01):81–106. doi: 10.55372/INTELEKSIAJPID.V2I1.85.

Santoso, Puji. 2016. “Konstruksi Sosial Media Massa.†Al-Balagh 1(1):30–48. doi: http://dx.doi.org/10.37064/ab.jki.v1i1.505.

Sholihah, Almaratus. 2021. “Bingkai Dakwah Aksi Indosiar (Konstruksi Sosial, Kompetisi, Dan Pasar).†Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sobur, Alex. 2018. Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sofjan, Dicky and Mega Hidayati. 2013. Religion and Television in Indonesia: Ethics Surrounding Dakwahtainment. Geneva: Globeethics.net.

Strinati, Dominic. 2010. Populer Culture: Pengantar Menuju Teori Budaya Populer. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syahril, Romi. 2022. Konstruksi Realitas Media Pada Program Hafiz Indonesia (RCTI), Jurnal Akrab Juara, 171-183.

Syobah, Nurul. 2013. Konstruksi Media Massa Dalam Pengembangan Dakwah." Jurnal Dakwah Tabligh, 153 – 168.

Wawancara dengan Produser AKSI Indosiar DA, 9 April 2023.

Wawancara dengan Penonton AKSI Indosiar Fardan (Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga), 12 April 2023.

Wawancara dengan Penonton AKSI Indosiar Muhammad Nur Ali, 27 Tahun, (Guru SMK Islam, Bekasi), 12 April 2023.

Wawancara dengan Penonton AKSI Indosiar Ismi (Ibu Rumah Tangga dan Guru Privat, Jakarta Timur), 12-13 April 2023.

Wawancara dengan Icuk Sugiarto Rifai, Juara 1 AKSI Indosiar 2023, 21-23 Mei 2023.

https://www.instagram.com/officialaksi.indosiar/

https://www.youtube.com/watch?v=m-C9zDqms0w&t=809s

https://www.youtube.com/watch?v=9A37XoBy2OI&t=30s

https://www.youtube.com/watch?v=VVvTi-CJWNs

https://www.liputan6.com/news/read/3037006/aksi-asia-indosiar-raih-penghargaan-dari-mui-dan-kpi.




DOI: 10.24235/orasi.v14i2.14013

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â