KONSTRUKSI MEDIA DAN KAMPANYE DAMAI DI MEDIA DETIK.COM

Dicky Nur Rahman(1*), Agoes Moh. Moefad(2), Siti Mutmainah(3),


(1) UIN Sunan Ampel Surabaya
(2) UIN Sunan Ampel Surabaya
(3) UIN Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi media dalam melaporkan kampanye damai dengan menggunakan pendekatan Framing Model Robert N. Entman. Media yang menjadi objek penelitian adalah Detik.com, salah satu situs berita online terkemuka di Indonesia. Diskursus interdisiplinaritas penelitian ini, dengan melibatkan bidang-bidang seperti komunikasi massa, jurnalisme, framing, dan studi media. Pendekatan interdisipliner ini membantu dalam memberikan wawasan yang komprehensif dan multidimensional terhadap konstruksi media dan pengaruhnya dalam konteks kampanye damai. Dalam konteks kampanye damai, framing dapat memainkan peran penting dalam mengubah cara orang memandang konflik dan mencari solusi yang bermanfaat bagi semua pihak terlibat. Dengan pendekatan kualitatif metode penelitian deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan data dengan cara dokumenter. Membaca dan memahami berita yang membahas tentang kampanye perdamaian. Analisis yang digunakan adalah analisis framing dengan model framing model Robert N. Entman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Detik.com menggunakan berbagai frame dalam melaporkan kampanye damai. Beberapa frame yang dominan digunakan adalah frame konflik, frame kekerasan, dan frame solidaritas. Penelitian ini juga menemukan bahwa framing media dapat mempengaruhi persepsi dan pemahaman pembaca tentang kampanye damai. Kontribusi penelitian ini yaitu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konstruksi media, sehingga dapat memberikan wawasan baru dalam studi komunikasi massa dan analisis media.

Keywords


Damai; Framing; Konstruksi

Full Text:

PDF

References


Afiah, Anisa. 2022. “Analisis framing Robert N. Entman tentang komunikasi persuasif akun tiktok@ risyad_bay dalam menyebarkan pesan dakwah.†UIN Sunan Gunung Jati Bandung. https://etheses.uinsgd.ac.id/61262/.

Alfianistiawati, Rohmatin, Hasna Bararah, Lely Rara Renaningtyas, dan

Dhanu Dewantara Aji. 2021. “Konstruksi Media Massa Dalam Pembentukan Stigma Masyarakat Mengenai Covid-19.†Jurnal Acta Diurna 17 (2): 73–83.

Apriyanti, Chusna, dan Riza Dwi Tyas Widoyoko. 2021. “Persepsi Dan Aksi Masyarakat Pedesaan Di Masa Pandemi.†Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 10 (1): 50. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.25526.

Azmi, Faiq. 2023. “Aksi Damai Nusa Bangsa Desak Kader NU Tampil Jadi Capres Cawapres Pemilu 2024.†detikJatim. 2023. https://www.detik.com/jatim/berita/d-6703607/aksi-damai-nusa-bangsa-desak-kader-nu-tampil-jadi-capres-cawapres--pemilu-2024.

Boer, Kheyene Molekandella, Mutia Rahmi Pratiwi, dan Nalal Muna. 2020. “Analisis Framing Pemberitaan Generasi Milenial dan Pemerintah Terkait Covid-19 di Media Online.†Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi 4 (1): 85–104. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.8277.

Detik.com. 2023. “detikcom.†2023. https://www.detik.com/.

Eriyanto. 2002. Analisis Framing; Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Fahrimal, Yuhdi, Asmaul Husna, Farina Islami, dan Johan Johan. 2020. “Media dan Pandemi: Frame Tentang Pandemi Covid-19 dalam Media Online di Indonesia (Studi pada Portal Berita Kompas.Com dan Detik.Com).†Jurnal Studi Komunikasi dan Media 24 (2): 169. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.3100.

Hamzah, Amir. 2021. Metode Penelitian Kualitatif Rekontruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Huda, Nurul. 2019. “Analisis Framing Model Robert N Entman Tentang Pemberitan Hoax Ratna Sarumpaet di Detik.com Rentang Waktu 3-31 Oktober 2018.†Undergraduate thesis, 1–80. http://digilib.uinsby.ac.id/29680/1/Nurul Huda_B06215029 .pdf.

Ikhsanudin, Arief. 2023. “Wapres Ma’ruf Bicara Dua Sisi Agama di Konferensi Internasional MUI.†detikcom. 2023. https://news.detik.com/berita/d-6732076/wapres-maruf-bicara-dua-sisi-agama-di-konferensi-internasional-mui.

Pahlevi, Reza. 2022. “Ini Media Online Paling Banyak Dikonsumsi Warga Indonesia.†databoks. 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/ini-media-online-paling-banyak-dikonsumsi-warga-indonesia.

Puji, Santoso. 2016. “Konstruksi Sosial Media Massa Puji Santoso Dosen Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.†Al-Balagh 1 (1): 34.

Reformansyah, M A, dan P W Widiarti. 2022. “Analisis Framing Robert Entman Tentang Berita Kompas. Com Dan Detik. Com Tentang Kasus ‘Idi Kacung Who.’†Journal.Student.Uny.Ac.Id 5 (4): 306–14. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ilkom/article/view/19180%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/ilkom/article/download/19180/17634.

Saputra, Andi. 2023. “MA Harap Kades Bisa Hadapi Konflik Warga dengan Kekeluargaan.†detikNews. 2023. https://news.detik.com/berita/d-6746185/ma-harap-kades-bisa-atasi-konflik-warga-dengan-kekeluargaan.




DOI: 10.24235/orasi.v14i2.13953

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â